Mohon tunggu...
Firda Fatimah
Firda Fatimah Mohon Tunggu... Mahasiswi Pendidikan

Bismillaah, sedang belajar menulis ­čśç // IG : @fatim_firda

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Membuat Rekaman Lagu Simpel untuk Pembelajaran Daring

27 Oktober 2020   22:12 Diperbarui: 27 Oktober 2020   22:40 247 45 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membuat Rekaman Lagu Simpel untuk Pembelajaran Daring
Ilustrasi dari blog.kejarcita.id

Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) oleh pemerintah telah mengubah banyak sekali model pembelajaran, khususnya untuk sekolah-sekolah yang memilih menggunakan PJJ sistem online atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah daring (dalam jaringan).

Dengan begitu, tentunya para guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menghadirkan model pembelajaran. Terang saja, jika dalam pembelajaran daring guru hanya memberikan tugas dan tugas, sudah barang tentu siswa akan lelah yang kemudian justru menyebabkan tujuan belajar sulit tercapai.

Sebenarnya banyak sekali model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Jika di dalam kelas guru biasanya dapat mengajar siswa dengan menghadirkan lagu-lagu dan dinyanyikan bersama, maka dalam  sistem pembelajaran daring ini pun sebenarnya sangat memungkinkan jika guru menghadirkan pula lagu-lagu.

Materi belajar dapat dikemas dalam sebuah lagu dengan menciptakan lirik-lirik lagu sesuai dengan materi  pembelajaran saat itu. Lagu dipercaya dapat dengan mudah dihafal oleh seseorang, khususnya para siswa. Sehingga, dengan menghadirkan lagu dalam proses belajar, selain mengasyikkan dapat pula membantu para siswa untuk mengingat materi pembelajaran.

Nah, disini saya akan sedikit berbagi bagaimana cara membuat rekaman lagu untuk pembelajaran daring dengan mengadopsi nada lagu asli dan menggunakan musik karaokenya. Hasil dari kreasi lagu tersebut nantinya dapat menjadi media pembelajaran yang akan dikirim kepada para siswa dan mereka dapat mendengarkan dan menyanyikannya di rumah masing-masing.

Cusss, langsung saja yaa kita ke langkah-langkah pembuatannya. 

1. Pilih lagu yang akan kita adopsi nadanya

Misal kita akan mengadopsi nada lagu "Naik Kereta Api", maka nanti lirik lagu yang akan kita tulis menyesuaikan dengan rendah, tingi, dan jeda pada nada lagu tersebut.

2. Ciptakan lirik lagu sesuai dengan tema pembelajaran

Lirik lagu dapat dibuat semenarik mungkin dan tentunya kita sesuaikan dengan nada lagu yang sudah kita adopsi tadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN