Mohon tunggu...
Fatimah Az zahra
Fatimah Az zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Teamwork makes the dream work!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Acquired Needs Theory untuk Memotivasi Follower

29 Juli 2021   21:38 Diperbarui: 30 Juli 2021   12:08 1765
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://artikel.bibit.id/

Apa yang dimaksud dari motivasi dan acruired needs theory ini?

Motivasi yaitu proses dorongan dari dalam diri seseorang karena adanya suatu kebutuhan yang dirasa untuk dapat berperan dalam mencapai keinginan tersebut, dan peran dari seorang pemimpin juga turut penting dalam memberikan motivasi kepada pengikutnya untuk mencapai visi dan tujuan dari organisasi serta dapat berkembang dan meningkatkan akan produktivitas dalam hal untuk mengapai kebutuhannya. Dalam buku yang dikemukakan oleh Richard L. Daft (2018, 228) motivasi merupakan kekuatan baik dari segi internal maupun eksternal seseorang yang dapat membangkitkan semangat dan ketekunan untuk mengejar suatu tindakan tertentu.

Acquired needs theory dikemukakan oleh David McClelland, dimana teori ini merekomendasikan bahwa jenis kebutuhan seorang individu seperti pencapaian, afiliasi, dan kekuasaan merupakan tiga kebutuhan penting yang dapat membantu para pengikut dalam memotivasi untuk mendapatkan kebutuhan yang mereka inginkan. Dan individu akan termotivasi secara berbeda-beda tergantung pada kebutuhan yang mereka peroleh, serta acquired needs theory itu berperan penting bagi seseorang yang ingin mencapai suatu kebutuhanya, agar tercapai kebutuhan tersebut individu harus menerapkan keinginan yang tinggi untuk bisa mengapai kebutuhan tersebut, dan jika seseorang itu malas atau lelah dalam mencapai kebutuhanya tersebut ia bisa sejenak untuk beristirahat dan kembali dalam stamina yang tinggi.

Dalam buku yang dikemukakan Richard L. Daft yang berjudul The Leadership Experience (2018, 236) terdapat tiga kebutuhan untuk mengetahui apa yang follower inginkan, yaitu:

  • Need for achievement yaitu kebutuhan individu untuk mendapatkan sesuatu seperti mencapai standar yang tinggi, dorongan untuk menjadi unggul, dan menguasai tugas yang kompleks. Serta kebutuhan ini digunakan individu untuk dapat membuktikan sesuatu dan mencari pengakuan oleh orang lain disekitarnya atas apa yang telah mereka capai dan senang menerima feedback untuk memperbaiki kinerja yang masih kurang serta meningkatkanya.
  • Need for affiliation yaitu kebutuhan untuk dapat membentuk dan mengembangkan sebuah hubungan interpersonal menjalin pertemanan, dan komunikasi terbuka serta menghindari terjadinya risiko yang tinggi dan konfilik didalam hubungan tersebut.
  • Need for power yaitu kebutuhan untuk dapat mempengaruhi orang lain, memiliki kuasa atas orang tersebut serta membuat orang lain berperilaku dengan cara yang diinginkan oleh atasan.

Seseorang yang mempunyai kebutuhan akan pencapaian yang tinggi biasanya memiliki dorongan motivasi yang kuat untuk berhasil mencapai apa yang mereka inginkan, dan cenderung menunjukkan suasana yang lebih positif serta pengikut yang memiliki pencapaian yang tinggi cenderung berkinerja sangat baik ketika mereka dalam keadaan berisiko tinggi di organisasi. Contoh seorang individu yang memiliki kebutuhan akan kekuasaan seperti untuk dapat mempengaruhi orang lain, maka ia harus memiliki sifat yang terbuka, integritas, dan bertanggung jawab akan tugas yang dikasih dengan demikian individu tersebut harus bekerja kerja dan mempunyai dorongan akan motivasi agar apa yang dia butuhkan tercapai.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun