Ceritaramlan

Targetkan Beberapa Hal Ini, Agar Ramadan Tahun Ini Berkah

16 Mei 2018   23:09 Diperbarui: 16 Mei 2018   23:30 634 0 0

Assalamualaikum semuanya!

Tidak terasa besok kita akan memasuki hari pertama bulan Ramadhan di tahun ini, tentunya semangat dong dengan berbagai rencana untuk menyambut bulan ramadhan ini. Rencana apakah itu? Nah, karena bulan Ramadhan itu bukan cuma tentang menahan lapar dan haus tentunya kita juga harus berlomba-lomba dalam melaksanakan ibadah. Dari yang biasanya malas-malasan, bulan ramadhan kali ini tambah rajin. Dari yang mengerjakan ibadahnya cuman yang wajib doang, boleh dong ditambah juga sama yang sunahnya. Hihihi

Tentunya setiap masing-masing individu pasti punya rencana agar bulan Ramadhan kali ini lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, gak mau dong menyia-nyiakan kesempatan bulan ramadhan yang cuman ada 1 tahun sekali. Nah, kira-kira rencana apa saja ya yang bisa kalian terapkan agar Ramadhan kali ini semakin berkah.

1. Sholat Tepat Waktu

Perihal sholat tepat waktu, past di antara kalian sering menunda-nunda yang namanya sholat. Padahal menunda-nunda sholat itu kebiasaan buruk loh, ada baiknya sholat itu disegerakan. Nah, mumpung di bulan ramadhan nih bisa dong sholatnya tepat waktu. Jangan ada kata menunda lagi #eaaa. 

2. Sholat di Mesjid

Nah, sudah menjadi tradisi pasti diantara kalian ada yang sebagian suka sholat di mesjid ada yang sukanya cuman di rumah aja. Mumpung lagi bulan Ramadhan nih, pahala semakin dilipat gandakan yuk beramai-ramai ke mesjid. Biasanya sholat subuh di rumah, yuk jalan pagi-pagi menghirup udara segar melangkahkan kaki buat ke mesjid. Uah pada tau kan sholat di mesjid itu lebih besar loh pahalanya. Eits, tapi jangan sampai ketiduran di mesjid ya.

3. Rajin Membaca Al-Qur'an

Nah, ini salah satu kesempatan kalian berlomba-lomba buat beribadah di bulan ramadhan gaes salah satunya, membaca Al-Qur'an, Misal targetnya dalam 1 bulan ini harus tamat baca Al-Qur'an. Artinya, dalam 1 hari kalian harus membaca 1 juz, jadi selama 30 hari bakalan tamat deh. Biar sedikit demi sedikit, bisa aja kalian selipkan membaca Al-Qur'an setiap habis sholat gak terasa habis tuh 1 juz di baca selama 1 hari. 

4. Perbanyak Zikir

Daripada bulan Ramadhan mengumpat yang tidak jelas, atau ngomongin orang mending kalian isi dengan berzikir. Gak perlu kencang-kencang dong zikirnya, cukup dalam hati. Menurut aku sih berzikir itu bisa kita lakukan dimana saja. Mau kerja sambil depan laptop bisa zikir dalam hati, mau berangkat ke kantor, atau aktivitas apa saja. Jangan lupa berzikir ya gaes.....


5. Perbanyak Sedekah

Bersedekah? Sedekah itu gak perlu nunggu kalian punya uang banyak loh. Punya uang Rp. 1000 aja kalau kalian iklas sedekahnya pasti dapat pahala berlimpah. Eits, sedekah gak melulu tentang uang loh kalian juga bisa bersedekah dengan memberi makan orang yang berpuasa. Atau sedekah-sedekah lainnya yang bisa kalian berikan kepada orang lain, yang penting ikhlas. 

6. Perbanyak Sholat Malam

Jika biasanya cuman sholat fardhu, gak ada salahnya dong kalian menambah dengan sholat malam. Apalagi sholat malam itu emang waktu yang mustajab banget buat meminta sama Allah. Nah, yuk semakin rajin sholat malamnya biar ramadhan tahun ini semakin berkah.

Itulah beberapa rencana yang bisa kalian lakukan di bulan Ramadhan tahun ini. Semoga apa yang telah kita rencanakan berjalan dengan baik, dan di ridhoi oleh Allah. Kalian punya rencana selain ini? Yuk, share di kolom komentar.