Mohon tunggu...
Fatimah Azzahra
Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dinamika Pembelajaran IPS pada Jenjang SMP

24 Mei 2022   20:20 Diperbarui: 24 Mei 2022   20:40 386
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ditulis oleh Kelompok 4 

Dinda Inayah (1405619026); Fadila Nur Salsabila (1405619055); Fatimah Azzahra (1405619022); Indah Anggita Putri (1405619024); Nur Aini (1405619018)

Prodi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Jakarta

Pendahuluan

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai salah satu mata pelajaran dalam pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). IPS memiliki kekhasan dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya yakni memiliki kajian yang bersifat terpadu, interdisipliner, multidimensional bahkah cross-diciplinary.  

Pendidikan IPS memiliki karakteristik sebagai mata pelajaran di sekolah yang materinya cukup luas. Dinamika cakupan tersebut ini dikarenakan semakin kompleks dan rumitnya permasalah sosial.

IPS merupakan sebuah studi yang terintegrasi dengan disiplin ilmu sosial lainnya seperti antropologi, ekonomi, geografi, sejarah, sosiologi, humanioran, dan lain sebagainya. 

Mata pelajaran ini mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu-isu sosial. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik disiapkan dan diarahkan agar mampu menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Dengan pembelajaran IPS diharapkan menjaga semangat kewarganegaraan yang baik, sehingga mampu menyikapi berbagai isu-isu sosial dengan baik. Secara langsung maupun tidak langsung, masyarakat bersentuhan dengan isu global, maka dari itu diperlukan respon dan penyelesaian masalah yang baik.

Kurikulum Pendidikan IPS di SMP

 Pada satuan pendidikan sekolah menengah pertama, mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial ini memiliki kurikulum tersendiri yang tentunya menjadi acuan bagi guru atau para pengajar untuk membuat rencana pembelajarannya yang sesuai dengan kurikulum dan juga indikator yang terdapat dalam kurikulum tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun