Mohon tunggu...
Fathin Amim Mufidah
Fathin Amim Mufidah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penerapan Teori Jerome Bruner dalam PAUD

5 Maret 2020   23:29 Diperbarui: 5 Maret 2020   23:38 62 0 0 Mohon Tunggu...

Sebagaimana yang telah kita pahami sebelumnya, bahwa seseorang akan dengan mudah mencapai suatu kecakapan, memperoleh pengetahuan, serta pengalaman-pengalaman baru dengan belajar. 

Setiap orang yang terlahir di dunia ini pasti akan mengalami situasi-situasi baru yang membuatnya memahami dan berinteraksi di lingkungan tempatnya tinggal dengan baik.

Nah, ada beberapa terori belajar yang paling menonjol, dimana salah satunya yaitu teori kognitivisme. Beberapa ilmuwan tercatat melakukan berbagai penelitian mengenai kemampuan kognitif seseorang. Dan salah satu tokohnya, yaitu Jerome Bruner.

Jerome Seymour Bruner, atau yang paling mudah biasa disebut dengan Bruner saja, merupakan seorang yang ahli pada bidang psikologi perkembangan dan psikologi kognitif. Ilmuwan yang lahir di New York pada tanggal 1 Oktober 1915 ini mengungkapkan bahwa belajar penemuan (discovery learning) merupakan salah satu model instruksional kognitif yang sangat berpengaruh.

Mengapa demikian?

Karena bagi Bruner, dengan belajar penemuan dapat senantiasa memberikan hasil yang paling baik. Dimana beberapa manfaat yang terdapat di dalamnya antara lain:

1. Pengetahuan yang di dapat akan bertahan lebih lama serta mudah diingat

2. Memiliki efek transfer yang lebih baik.

3. Meningkatkan penalaran siswa dan kemampuan berpikir secara bebas.

4. Melatih keterampilan kognitif guna menyelesaikan masalah tanpa bantuan orang lain.

Menurut Bruner, dengan metode belajar penemuan akan membangkitkan rasa keingintahuan siswa, serta dapat memberi motivasi belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x