KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : ........................
Kelas/Semester            : XI / 1
Nama Guru                 : Fatah Ahmadi
NIP/NIK/NIMÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 09004212
Sekolah                         : ...........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Sekolah / Madrasah               : SMA ...........................
Mata Pelajaran                      :    Bahasa Inggris
Kelas/Semester                     : XI (Sebelas) / 1
Alokasi Waktu                       : 1 x 45 menit
Jenis teks                             : Report Text
Skill                                      :   Writing (Menulis)
Standar Kompetensi:
1.Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk report dalam
konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
1.1.Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasatulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk report.
Indikator
·Siswa dapat mengidentifikasistruktur dan kebahasan teks report.
·Siswa dapat menggunakan kalimat simple presentdalam membuat sebuah deskripsi.
·Siswa dapat menghasilkan teks berbentukreport
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1.Menggunakan kalimat simple presentdalam membuat sebuah deskripsi.
2.Menghasilkan teks berbentuk report.
3.Menggunakan ungkapan tentang ´report text’ dalam kehidupan sehari-hari.
B. Materi Pembelajaran
REPORT TEXT
Social Function/Purpose
Describe the way thins are. The things must be representative of their class.
Generic Structure
- General classification
Tells what the phenomenon under discussion is
- Description
Tells what the phenomenon under discussion is like in term of
parts, qualities, habits or behaviors, uses/function)
Language Features
-the use of general nouns
-the use of present tense
-the use of relating verbs
-the use of behavioral verbs
-the use of technical terms