Mohon tunggu...
Fasya Azizah Khoirun Najwa
Fasya Azizah Khoirun Najwa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa 23107030025 UIN Sunan Kalijaga

Mahasiswi yang demen DIY, cari cuan, dan nonton Conan :)

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Ga Cuma Pahala, Tapi Financial Pun Aman? Yuk Simak Tips Berikut Ini!

19 Maret 2024   16:59 Diperbarui: 19 Maret 2024   17:07 418
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo sobatMinke! Gimana nih puasanya, udah mulai kalap berburu takjil? Tampaknya selama bulan ramadhan ini, kita tak hanya belajar menahan haus dan lapar, tapi kita juga belajar menahan godaan para penjual takjil di pinggir jalan ya sob!

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan dan kemuliaan dimana para umat muslim di seluruh penjuru dunia berpuasa. Di bulan ini, segala macam pahala dilipat gandakan berkali-kali lipat sehingga para umat muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan.

Diantara sobat minke disini, siapa yang berfikir bahwa selama bulan ramadhan, pengeluaran kita cenderung lebih sedikit dibanding hari-hari biasanya? Eitss jangan salah ya sob, justru dibulan ramadhan ini, pengeluaran kita bisa saja menjadi dua kali lipat dibanding hari-hari biasanya lho! Kok bisa sih min? Karena pengeluaran kita bertambah mulai dari berburu takjil untuk berbuka, memberi zakat, dan tak ketinggalan jadwal acara bukber (buka bersama) yang padat merayap.

Terus ada ga sih, tips supaya financial kita aman selama bulan Ramadhan? Jawabannya, ada! Sini-sini minke bakal kasih tips gimana caranya ga Cuma pahala kita yang aman, tapi juga financial kita selama bulan Ramadhan.

1. Buat Anggaran

Freepik
Freepik

Nah tips yang pertama yaitu buatlah anggaran pengeluaran selama bulan ramadhan. Usahakan untuk mencatat setiap pengeluaran perharinya agar kita juga bisa tahu apa saja yang kira-kira bisa membuat anggaran kita membengkak! Buat anggaran yang jelas untuk kebutuhan sehari-hari selama bulan Ramadhan, terutama untuk zakat, sedekah, dan keperluan lainnya.


2. Prioritaskan Kebutuhan Utama

Freepik
Freepik

Siapa disini yang suka kalap belanja? Kalau ini sih, minke juga sering kalap ya. Tapi sob, cobalah untuk mengidentifikasi kebutuhan yang memang dibutuhkan selama bulan Ramadhan. 

Selain mengidentiffikasi, kalian juga bisa membuat list apa saja yang perlu kalian beli saat berbelanja. Hindari pengeluaran yang tidak perlu seperti belanja sesuatu yang tidak ada di list belanja kalian ya! Dengan ini, setidaknya kalian berhasil sedikit menjaga financial kalian agar tetap aman selama bulan Ramadhan.

3. Hemat Makanan

Freepik
Freepik

Wah, kalau soal makan, minke sih juga suka lapar mata apalagi waktu berburu takjil. Saat kita berburu takjil, terkadang kita membeli apa yang kita liat bukan apa yang kita inginkan. Memang disaat puasa apapun yang kita lihat tampak terlihat lezat untuk dimakan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun