Mohon tunggu...
Fasya Azizah Khoirun Najwa
Fasya Azizah Khoirun Najwa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa 23107030025 UIN Sunan Kalijaga

Mahasiswi yang demen DIY, cari cuan, dan nonton Conan :)

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Mari Kita Sulap: Manik-Manik Jadi Gelang Cantik?

10 Maret 2024   20:15 Diperbarui: 11 Maret 2024   09:33 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Holla sobat minke! Balik lagi nih, kita bahas seputar per-diy an. Kalian pernah ga sih, liat gelang-gelang yang comel, lucu, gemerlap, elegan, pokoknya ga norak deh kalo dipake. Nah kali ini minke bakal ngasih info and tutorial seputar pergelangan nih sob! Penasaran? Yuk check this out!

Siapa sih yang ga tau gelang? Benda yang melingkar di pergelangan tangan ini sudah popular sejak 5000 SM di Mesir lho sob! Namun, gelang yang popular di zaman itu, tidak seperti gelang yang banya kita temukan di zaman ini. Gelang pada zaman itu lebih banyak menggunakan bahan berupa cangkang, rumput, dan dahan pohon yang tipis. Selain digunakan sebagai perhiasan, gelang pada zaman itu digunakan untuk sebuah ritual lho sob!

Seiring berkembangnya zaman, gelang mulai dibuat menggunakan tembaga dan perunggu. Tak hanya itu, beberapa tahun setelah zaman perunggu, para pengrajin mulai membuat gelang menggunakan emas. Pada saat itu, gelang bisa dibilang lebih dekoratif karena mulai dihiasi dengan batu dan kerang. Pada saat ini pula, gelang mulai menunjukkan status, kekuasaan dan kekayaan.  

Gelang memiliki beragam jenis lho sob! Mulai dari gelang kesehatan yang dipercaya dapat menjadi alternatif pengobatan, gelang manik-manik yang terbuat dari manik-manik, dan gelang pesona yang membawa pesona pribadi. Ada juga gelang tautan, gelang penan nular yang berarti lingkaran tidak utuh, dan gelang olahraga yang di populerkan oleh Nike dan Lance. Namun ada lagi sebuah gelang yang dinamakan gelang tenis karena seorang pemain tenis bernama Chris Evert yang tengah bermain tenis tak sengaja menjatuhkan gelangnya di lapangan. Wahh, menarik banget ya!

Ga heran ya sob, di zaman sekarang gelang lebih bervariatif lagi. Tak hanya berbahan dasar emas, dan perak, gelang bisa dibuat bahkan hanya menggunakan tali, senar, bahkan benang jahit lho sob! Nah, kali ini minke bakal ngasih seuprit tutorial cara membuat gelang dari senar dan manik-manik sob! Tertarik? Yukk simak tutorialnya!


Alat :

1. Gunting

2. penggaris / meteran baju

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Bahan :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun