Mohon tunggu...
Fasha Asila Hashfi
Fasha Asila Hashfi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Diponegoro

halo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ayo Hidup Bersih dan Sehat! Mahasiswa KKN Undip Ajak Siswa SDN Kedungmundu untuk Biasakan Melakukan PHBS sejak Dini

10 Agustus 2022   14:14 Diperbarui: 2 September 2022   20:19 94 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang (21/7/2022) pada minggu ke III kegiatan TIM II KKN Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2021/2022 telah dilaksanakan Sosialisasi PHBS Sejak Dini di SDN Kedungmundu Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang oleh Fasha Asila Hashfi, mahasiswi Universitas Diponegoro jurusan Kedokteran Gigi, dan TIM II KKN Universitas Diponegoro 2021/2022 dengan Dosen Pendamping Lapangan Bapak Imam Setyawan, S.Psi., M.A pada Kamis (21/7).

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah merupakan salah satu kegiatan dimana siswa dapat berperan aktif untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat. 

Terdapat 8 indikator yang dapat dilakukan siswa untuk menjaga lingkungan sekolah yaitu menyuci tangan dengan air yang mengalir dan memakai sabun, mengonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olahraga yang teratur dan terukur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di sekolah, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan, membuang sampah pada tempatnya.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan sosialisasi PHBS ini dilakukan dengan pemberian materi kegiatan apa saja yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah melalui media poster serta dilakukan kuis berhadiah seputar PHBS di sekolah untuk meningkatkan antusias siswa. 

Sosialisasi diberikan kepada siswa kelas 1 untuk menunjukkan pentingnya melakukan PHBS sejak dini sehingga dapat menjadi kebiasaan di kemudian hari oleh siswa-siswa SDN Kedungmundu.

Dokpri
Dokpri

Harapan dilaksanakan kegiatan ini yaitu bertambahnya wawasan siswa SDN Kedungmundu mengenai PHBS di lingkungan sekolah sehingga dapat mencegah berbagai penyakit yang mungkin timbul akibat dari lingkungan yang tidak sehat.

Penulis: Fasha Asila Hashfi

Program Studi/Fakultas: Kedokteran Gigi/Fakultas Kedokteran

Dosen Pembimbing: Bapak Imam Setyawan, S.Psi., M.A

Lokasi: Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan