Mohon tunggu...
Farsya Qaris Ghassani
Farsya Qaris Ghassani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI Gelombang 2: Meningkatkan Budaya Literasi di Lingkungan Sekolah Dasar Melalui Sistem Daring

25 September 2021   01:32 Diperbarui: 25 September 2021   01:38 69 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI Gelombang 2: Meningkatkan Budaya Literasi di Lingkungan Sekolah Dasar Melalui Sistem Daring
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Universitas Pendidikan Indonesia sebagai perguruan tinggi yang berada di wilayah Jawa Barat ikut berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19. Salah satu kontribusi Universitas Pendidikan Indonesia dalam pencegahan dan Penanggulangan dampak Covid-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan oleh mahasiswa.

Budaya literasi  sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan, bahkan ada yang mengatakan budaya literasi tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Oleh karena itu, tema yang diusung Oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indonesia (LPPM UPI) tahun 2021 ini yaitu "Mengembangkan Literasi Baca dan Tulis, Numerasi, Sains, Digital, Finansial, Budaya dan Kewargaan) Serta Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka---Pusat Prestasi Nasional". Kegiatan KKN Tematik UPI 2021 Gelombang 2 ini dilaksanakan secara daring.

Farsya Qaris Ghassani, mahasiswa UPI, prodi Pendidikan Manajemen Perkantoran, merupakan salah satu mahasiswa dari total 2.658 mahasiswa yang mengikuti program KKN Tematik UPI 2021 Gelombang 2 ini. Kegiatan KKN dilaksanakan di SDPN 252 Setiabudi Kota Bandung, yang beralamat di Jl. Sarirasa Sarijadi Kec. Sukasari.

Proses kegiatan berlangsung selama 1 bulan ini mencakup kegiatan perizinan dan penerimaan oleh pihak sekolah, melaksanakan program kegiatan, hingga pembuatan laporan. Kegiatan yang dilakukan di sekolah tersebut antara lain mengajak dan membimbing siswa agar rutin melakukan kegiatan literasi: baca tulis, numerasi, dan sains.

Tahapan yang dilakukan, pertama yaitu memberikan pengetahuan dasar tentang literasi kepada siswa melalui sebuah video yang ditayangkan lewat media Zoom Meeting, kedua rutin memberikan kuis bertema literasi: baca tulis, numerasi, dan sains kepada siswa setiap minggu-nya dengan menggunakan media Google Form, dan yang ketiga menyediakan bahan bacaan non-pendidikan yang telah dikumpulkan kedalam Google Drive agar siswa dapat dengan mudah memilih bacaan yang mereka minati, setelah siswa selesai membaca satu cerita, mereka diharuskan menulis Kembali ringkasan dari cerita yang sudah mereka baca pada Google Form yang sudah disediakan.

Sejauh ini, respon dari siswa SDPN 252 Setiabudi dalam kegiatan ini cukup baik, terlihat dari perkembangan minat siswa akan pentingnya literasi yang cukup meningkat dari minggu ke minggu. Diharapkan dengan dilaksanakannya program KKN Tematik UPI 2021 ini dapat membantu meningkatkan pemahaman masyarakat, dan siswa sekolah di tingkat pendidikan TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK, tentang pentingnya budaya literasi.

Sumber: 

Buku Pedoman KKN TEMATIK PPD COVID-19

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan