Menjadi seorang pemimpin di dalam organisasi harus mempunyai gaya komunikasi kepimpinan yang baik, agar bisa membawa organisasinya mencapai tujuan. Komunikasi kepimpinan yang sangat baik tentunya dapat mengerjakan tugasnya dengan baik. Dalam komunikasi kepimpinan banyak aspek - aspek yang bisa kita perhatikan. Ada banyak teori komunikasi kepimpinan yang baik untik kita ketahui.
Definisi dari komunikasi itu sendiri adalah proses penyampaian pesan yang dikomunikasikan dengan komunikator. Di proses ini, banyak pembawa dan juga penerika pesan akan memakai tanda atau simbol yang sama. Komunikasi pun bisa dideskripsikan sebagai proses penukaran informasi untuk pemahaman. Komunikasi juga sangat penting di dalam segi kehidupan manusia apalagi di dalam organisasi. Komunikasi organisasi memiliki banyak sekalo fungsi yang akan mendukung keberhasilan suatu organisasi.
Selanjutnya definisi komunikasi kepimpinan yaitu proses komunikasi yang dilakukan pemimpin kepada pegawai di dalam organisasi. Sebagai seorang pemimpin kita bisa menerapkan berbagai macam jenis komunikasi kepimpinan atau gaya kepimpinan yang sangat wajin dimiliki seorang pemimpin. Gaya komunikasi ini harus dapat digunakan seorang pemimpin untuk mempengaruhi pegawainya agar dapat mencapai target di dalam organisasi.
Di dalam organisasi juga tentunya banyak memoliko jenis atau gaua yang bisa kita terapkan. Gaya komunikasi kepimpinan ini pun dipengaruhi oleh kepribadian pribadi dari seorang pemimpin dan gaya kepimpinan untuk menjalankan organisasi. Gaya komunikasi pun biasanya diawali dengan beberapa pola dasar yaitu mementingkan hubungan kerja sama, mementingkan pekerjaan dan mementingkan hadil dari pekerjaan itu sendiri. Lalu untuk mengetahui berbagai jenis komunikasi kepimpinan, ada beberapa contoh gaya komunikasi kepimpinan yang sering digunakan.
1. Gaya Controlling
Gaya komunikasi kepimimpinan controlling ini lebih membatasi atau mentatur perilaku pegawainya. Komunikasi ini terjalin di dalam gaya komunikasi yang satu arah.
2. Gaya Equalitarian
Gaya komunikasi kepimpinan equalitarian ini sangat mengedepanoan aspek - aspek dalam komunikasi. Komunikasi ini pun memiliki jenis yang dilakukan secara terbuka yang tentunga setiap anggota berhak untuk memberikan pendapat.
3. Gaya Struktural
Gaya komunikasi kepimpinan struktural ini bermanfaat bagi organisasi bila dijalankan dengan baik. Inisiator struktur ini adalah mereka yang bisa membuat rencana informasi atau pesan yang bersifat verbal untuk memantapkan tujuan organisasi, struktur organisasi, deskripsi penugasan kerja dan juga petanyaan - pertanyaan lain yang bersifat struktural.
4. Gaya Dinamis