Mohon tunggu...
Ade Candra
Ade Candra Mohon Tunggu... Insinyur - pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman

Saya orang yang berjiwa sosial, suka bermasyarakat dan dengan menulis ingin berbagi informasi bermanfaat dengan Khalayak Ramai

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pentingnya Memilih Snack Sehat untuk Pertumbuhan Fisik Anak-Anak

14 November 2023   09:02 Diperbarui: 14 November 2023   10:56 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi(SHUTTERSTOCK)

Banyak literatur mengungkapkan, Banyak factor yang mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya fisik seorang anak. Mulai dari genetic atau factor keturunan, Faktor makanan hingga Faktor penggunaan bahan -- bahan kimia pada berbagai sektor  kehidupan. Pemerintah pun sangat konsen dengan masalah fisik anak di Indonesia dengan meluncurkan berbagai program yang berhubungan dengan stunting atau program penanganan Gizi buruk.

Khusus untuk Faktor makanan,  Pertumbuhan fisik anak sangat dipengaruhi oleh pola makan sehari-hari, termasuk jajanan anak-anak yang mereka konsumsi. Memilih snack yang tepat adalah langkah penting dalam memastikan bahwa anak-anak mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang mereka. Lalu apa  dampak jajanan anak-anak terhadap pertumbuhan fisik anak ? ternyata banyak efek negative yang ditimbulkannya.

Seperti diketahui Jajanan seringkali cenderung tinggi gula, lemak jenuh, dan rendah nutrisi esensial. Konsumsi berlebihan makanan ini dapat mengakibatkan kekurangan nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang, otot, dan otak. 

Bukan hanya itu Jajanan yang mengandung tinggi gula dan lemak dapat menyebabkan peningkatan risiko obesitas pada anak-anak. Obesitas dapat menghambat pertumbuhan dan meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2. Kemudian Makanan ringan seringkali cenderung klebr dan tinggi gula, yang dapat merusak gigi anak-anak. Karies gigi dapat menghambat pertumbuhan normal gigi dan tulang rahang.

Mengingat banyaknya dampak negative dari snack yang dikonsumsi oleh anak -- anak maka sudah sewajarnyalah orang tua, keluarga dan pihak terkait lain memiliki pengetahuan tentang bagaimana meilih snack dan  makanan yang sehat untuk anak. 

Ada beberapa tips untuk memilih Snack yang sehat, yaitu Pertama, pilih makanan berbasis bahan utama alami. Pada poin ini  Prioritaskan makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh. Makanan ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral penting.

Kedua, Kontrol Porsi. Mengontrol porsi menjadi sangat penting karena dapat membantu mencegah konsumsi kalori berlebihan. Hindari memberikan porsi snack yang terlalu besar, terutama jika anak-anak juga akan makan hidangan utama. Ketiga, Pilih Sumber Protein Berkualitas. Protein penting untuk pertumbuhan otot dan tulang. Pilih snack yang mengandung protein berkualitas tinggi seperti yogurt rendah lemak, keju, atau kacang-Kacangan.

Keempat Batasi Gula dan lemak jenuh. Hindari snack yang mengandung gula tambahan dan lemak jenuh. Baca label nutrisi dengan teliti dan pilih snack dengan kadar gula dan lemak yang rendah. Kelima, Variasi dan Kreativitas. Berikan variasi pada snack anak-anak agar mereka tidak bosan dan tetap mendapatkan berbagai nutrisi. 

Cobalah menyajikan snack dengan cara yang kreatif, seperti potongan buah yang disusun menarik atau sayuran dengan saus yang lezat. Keenam, Ajak Anak- Anak Terlibat. Melibatkan anak-anak dalam pemilihan dan persiapan snack dapat meningkatkan kesadaran mereka terhadap makanan sehat. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk mengajarkan mereka tentang nutrisi.

Terkait dengan hal diatas Memilih snack yang tepat penting untuk mendukung pertumbuhan fisik anak-anak. Dengan memperhatikan asupan gizi, membatasi konsumsi gula dan lemak, serta memilih makanan berbasis bahan alami, orang tua dapat berperan aktif dalam memberikan nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan anak-anak mereka. Melibatkan anak-anak dalam proses memilih dan menyiapkan snack juga dapat menjadi langkah positif dalam membentuk kebiasaan makan sehat sejak dini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun