Mohon tunggu...
fariz ardi
fariz ardi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa biasa

mahasiswa biasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Workshop Kependidikan Kewirausahaan Berbasis Niche Market Tema Local Wisdom

29 November 2021   23:55 Diperbarui: 29 November 2021   23:58 34 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Baru-baru ini Prodi Pendidikan Guru Sekolah dasar dan Himpunan Guru Sekolah Dasar mengadakan workshop kependidikan, Aldona Indria Riski selaku ketua pelaksana menjelaskan kegiatan Workshop local wisdom, diadakan dalam rangka membangkitkan semangat mahasiswa untuk berwirausaha di era new normal. Dan untuk membina mahasiswa PGSD dalam mengembangkan usaha dibidang kependidikan. Serta meningkatkan kemampuan memunculkan ide kreatif, inovatif dan mandiri dalam menjalankan usaha. 

Sebenarnya sebelum diadakannya workshop ini, ada kegiatan webinar terlebih dahulu agar dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk membuat sebuah usaha, waktu itu webinar nya dengan pemateri Ghea Safferina Adany beliau adalah owner dari Wuffyland yaitu mainan edukasi. Ujar Dona."

Penasaran kan dengan kegiatan ini? yukk disimak baik-baik.

"Kegiatan yang dilakukan diawali dengan webinar melalui zoom, kemudian untuk workshopnya ini kita dari HMJ PAKSI collab dengan Jurusan,dan kegiatan workshop ini karena dilakukan secara online juga jadi kita melakukannya melalui zoom dan whatsApp group, pembuatan perencanaan produk dulu, kemudian mempresentasikan produk nya sekalian branding produk setelah itu peserta diminta membuat video cara pembuatan produk dan cara menggunakan produk tersebut dan terakhir acara nya yaitu launching produk. Oh iya, setiap peserta itu kan dalam bentuk kelompok ya.. setiap kelompok mendapat uang pembinaan (insentif) kemudian salah satu dari kelompok yang terbaik tersebut juga nanti akan kami arahkan ke HKI.

Tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu local wisdom atau kearifan lokal, mengapa mengambil tema ini karena kita memiliki budaya yang sangat banyak yaa...nah dari situ kita bisa membuat sebuah produk tentang kependidikan yang nantinya bisa diperjual belikan dan dengan tema kearifan lokal. 

Tujuan dari Kegiatan ini pastinya dengan diadakannya webinar agar dapat memotivasi mahasiswa PGSD UMM mampu menciptakan dan mengembangkan peluang usaha baru, membangkitkan semangat mahasiswa PGSD UMM untuk berwirausaha diera new normal, mengembangkan usaha mahasiswa PGSD UMM di bidang kependidikan, dengan adanya workshop agar meningkatkan kemampuan memunculkan ide kreatif, inovatif dan mandiri dalam menjalankan usaha. Sasaran nya yaitu untuk webinar nya kita buka untuk umum dan lebih mengutamakan mahasiswa PGSD UMM kemudian untuk workshop sasarannya mahasiswa PGSD UMM angkatan 2018-2021.

Manfaat dari Kegiatan ini tentunya banyak ya manfaat nya, untuk peserta yang mengikuti workshop yang terbaik akan diarahkan ke HKI Kemudian mereka yang bisa membuat produk dan bisa melanjutkan nya dengan baik mereka bisa memproduksi produk nya hingga mereka mencapai kesuksesan dalam hal berwirausaha, karena kita sebagai mahasiswa PGSD juga nggak harus yang berpatokan menjadi guru atau PNS kita juga bisa berada di dunia kewirausahaan misal berwirausaha dalam bidang pendidikan tadi. 

Apalagi dengan adanya media sosial seperti saat ini, sebagai pengusaha memiliki peluang yang cukup untuk menjual produk secara luas, dan adanya kegiatan ini ada pengarahan dari dosen-dosen PGSD juga, dapat saran masukan jadi menurut saya memiliki manfaat yang banyak. Wahhh menarik sekali bukan kegiatan nya, semoga teman-teman PGSD bisa menjadi wirausaha yang sukses dan tidak hanya berpatokan pada satu profesi saja.

Syarat untuk mengikuti kegiatan ini tidak ada, hanya saja sasarna kita lebih ke mahasiswa PGSD UMM angkatan 2018-2021, kemudian mereka yang memiliki keterampilan dalam hal pembuatan misalnya media pembelajaran, mungkin itu." Ujar Dona.

Kesan atau pesan kepada peserta workshop, "Terimakasih karena sudah mau berpartisipasi dalam kegiatan ini, saya tau memulai suatu hal yang belum pernah dilakukan itu susah, tetapi jika bukan kita sendiri yang bergerak lalu siapa lagi. Jadi tetap semangat, saya yakin kalian akan menjadi orang-orang sukses dalam bidang berwirausaha. Semoga setelah mengikuti kegiatan ini kalian mendapatkan ilmu dan kemampuan dalam berwirausaha.Untuk pihak yang terlibat pada kegiatan ini yaitu jurusan PGSD dan HMJ PAKSI UMM." Ujar Dona selaku ketua pelaksana."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan