Mohon tunggu...
Farihatun QurrotaAini
Farihatun QurrotaAini Mohon Tunggu... Guru - TK DARUL ULUM SURABAYA

menyanyi dan menari

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan (Suku Kata) Melalui Media PAPIN SUKA (Papan Pintar Suku Kata) Pada Anak Kelompok B

9 Desember 2022   06:31 Diperbarui: 9 Desember 2022   06:32 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Usia dini merupakan masa keemasan (golden age) oleh karena itu pendidikan pada masa ini merupakan pendidikanyang sangat fundamental dan sangat menentukan perkembangan anak selanjutnya. Pada periode ini hampir seluruh potensi anak mengalami masa peka untuk tumbuh dan berkembang dengan cepat. Pada masa ini anak sangat membutuhkan stimulasi dan rangsangan dari lingkungannya. Apabila anak mendapatkan stimulus baik, maka seluruh aspek perkembangan anak akan berkembang secara optimal.

Menurut Soetijiningsih (2012 : 150) ketika anak-anak melalui tahap dua kata, pengetahuan mereka tentang makna juga bertambah pesat. dan dari penelitian yang dilakukan oleh Core pada 1997menunjukkan hasil bahwa perbendaharaan kata saat anak berusia enam tahun terentang dari 8.000 - 14.000 kata dan rata-rata mereka 22 kata perhari.

Kemampuan membaca permulaan anak merupakan kemampuan membaca tingkat awal yang dapat mengenali suku kata, dapat mengucapkan bunyi huruf dan memahami berbagai simbol berupa rangkaian huruf-hurufdalam suatu tulisan dan gambar.

Dalam menumbuhkan perkembangan bahasa anak khususnya kemampuan membaca permulaan harusnya disertai kegiatan yang menyenangkan dan inovatif. Tidak hanya kegiatan menulis lambang bahasa, tetapi diberikan juga alat dan media yang menarik bagi anak. 

Media PAPIN SUKA (Papan Pintar Suku Kata) merupakan media yang sangat menarik bagi anak. Pembelajaran menggunakan media PAPIN SUKA (Papan Pintar Suku Kata) membuat anak-anak sangat antusias bermain sambil belajar menyebutkan 2 suku kata, karena biasanya anak-anak hanya belajar membaca permulaan suku kata dengan menulis atau membaca di buku maupun di papan tulis saja.

Pembelajaran menggunakan media PAPIN SUKA (Papan Pintar Suku Kata) sangat bermakna bagi anak-anak karena kegiatan ini menggunakan gambar-gambar yang sesuai dengan tema, mulai dari gambar, yang akan disebutkan oleh anak ataupun gambar yang dipakai untuk menempel suku kata. Berikut alat dan bahan yang digunakan dalam membuat media ini :

1. Kardus bekas berbentuk persegi

2. Kain flanel warna warni 

3. Perekat

4. Lem tembak

5. Gambar yang akan disebutkan oleh anak (sapi, susu, mata, kaki, gigi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun