Mohon tunggu...
Farif Rossida
Farif Rossida Mohon Tunggu... Pendidik

Guru mapel PAI

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Motivasi Mengikuti E-Training Guru Melek IT (DOGMIT)

5 Desember 2019   21:49 Diperbarui: 5 Desember 2019   21:48 12 0 0 Mohon Tunggu...

Saat ini, kita menghadapi revolusi industri keempat yang dikenal dengan Revolusi Industri 4.0. Ini merupakan era inovasi disruptif, di mana inovasi ini berkembang sangat pesat, sehingga mampu membantu terciptanya pasar baru. Inovasi ini juga mampu mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada dan lebih dahsyat lagi mampu menggantikan teknologi yang sudah ada.

Menghadapi tantangan yang besar tersebut maka pendidikan dituntut untuk berubah juga. Termasuk pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Era pendidikan yang dipengaruhi oleh revolusi industri 4.0 disebut Pendidikan 4.0. Pendidikan 4.0 merupakan pendidikan yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran atau dikenal dengan sistem siber (cyber system). Sistem ini mampu membuat proses pembelajaran dapat berlangsung secara kontinu tanpa batas ruang dan batas waktu. Ditambah lagi sekarang hampir semua siswa kita juga tidak bisa lepas dari HP mereka. Mereka hanya memanfaatkan HP mereka untuk hal -- hal yang masih belum berkaitan dengan pembelajaran di sekolah. Rata -- rata mereka hanya menggunakannya sebagai sarana komunikasi dan bermain saja. Kalaupun dilarang mereka semakin menjadi bermain HP mereka, maka kita sebagai guru dan pendidik harus mempunyai kebijakan yang tepat terkait penggunaan HP dilingkungan sekolah terutama pada saat jam -- jam pembelajaran.

Salah satu cara yang bisa digunakan oleh guru adalah melibatkan produk teknologi yang bernama HP untuk sarana belajar para siswa sehingga para siswa ikut merasakan manfaat lain dari HP tersebut. Selain juga masih menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi pembelajaran hendaknya kita bisa menggunakan HP untuk menyampaikan materi tersebut dengan baik dan mengena pada siswa. Dalam DOGMIT kali ini adalah momen yang pas yaitu pelatihan membuat aplikasi berbasis android, motivasi saya adalah bisa membuat satu aplikasi yang akan bisa diakses oleh siswa melalui HP nya sendiri dalam mempelajari materi di semester genap nanti. Bahkan semoga bisa lebih dari satu aplikasi berbasis android, bisa sampai 5 materi. Semoga.

Namun tetap kita harus mengawasi siswa saat pembelajaran menggunakan HP tersebut. Siswa harus melihat materi yang akan dipelajari sampai mereka paham apa yang sudah mereka baca dan pelajari. Sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dengan maksimal, siswa tidak hanya bermain HP saja.

Demikian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat dan berkenan membacanya. Terimakasih atas perhatiannya.

VIDEO PILIHAN