Pademi covid-19 yang melanda Indonesia sejak maret 2020 telah menyebabkan berbagai kendala diberbagai bidang, salah satunya di bidang Pendidikan. Peran Pendidikan sangat penting, apalagi dalam menyiapkan generasi emas bangsa yang berkarakter, kreatif, inovatif, serta inspiratif ditengah perkembangan teknologi yang sangat pesat. Oleh karena itu, Mendikbud menyusun kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh "PJJ" yang merupakan sebuah metode agar kegiatan pembelajaran tetap dapat berlangsung secara aman dan menyenangkan.
KKN Tematik UPI 2021 dengan tema "Membangun Desa melalui Bidang Ekonomi dan Bidang Pendidikan dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi" merupakan KKN yang bertujuan untuk menanggulangi dampak Covid-19 di Indonesia. Melalui bidang Pendidikan, KKN dilaksanakan di SDN 068 Sindanglaya, Sindangjaya, Mandalajati Kota Bandung.
KKN di SDN 068 Sindanglaya dilaksanakan dengan program "Optimalisasi Literasi Digital bagi Guru, Siswa, dan Orangtua" yang mana bertujuan sebagai penguatan dalam mempersiapkan dan menghadapi PJJ tahun ajaran 2021-2022. Seperti yang kita ketahui pembelajaran daring tentunya menghadirkan pembelajaran digital yang digunakan untuk melaksanakan proses pembelajaran. Digunakan nya berbagai platform digunakan sebagai media maupun sumber belajar. Tentunya dibutuhkan pemahaman literasi digital yang baik. Literasi digital merupakan kecapakan seseorang dalam menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggung jawab dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi.
Program ini memiliki tujuan bahwa Dengan memahami literasi digital diharapkan Guru akan semakin optimal dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran daring dengan memafaatkan sumber dan media digital agar dapat mengembangkan kemampuan literasi digital dirinya serta siswa. Dengan memahami literasi digital diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi diri dan memperoleh ilmu pengetahuan secara maksimal dengan penuh tanggung jawab, Dengan memahami literassi digital, diharapkan orangtua dapat mendampingi anak selama pembelajaran daring dengan melasanakan tata Kelola literasi digital di ranah keluarga dengan baik.
Program tersebut dilaksanakan melakukan edukasi melalui poster literasi digital dan tips PJJ untuk ketiga sasaran, video tutorial pemanfaatan LMS/Plaform belajar untuk guru, pembuatan media pembelajaran video animasi untuk siswa, pendampingan kegiatan belajar kepada siswa, dan mengadakan kegiatan pematerian dan sharing melalui zoom meeting dengan para orangtua siswa.
Diharapkan kegiatan tersebut dapat bermanfaat untuk seluruh pihak yang terlibat sehingga kegiatan belajar dapat berlangsung secara maksimal dengan memanfaatkan kecapakan kemampuan literasi digital dengan penuh tanggung jawab.