Mohon tunggu...
Farhan Fathan
Farhan Fathan Mohon Tunggu... Mahasiswa - I

A

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Menciptakan Buku yang Bermutu bagi para Pembaca

24 September 2021   02:53 Diperbarui: 24 September 2021   03:01 46 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Menciptakan Buku yang Bermutu bagi para Pembaca
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo sobat pena. Sesuai judul dari artikel ini, saya akan menjelaskan apasih pentingnya membuat dan membaca buku yang bermutu, dan apa saja akibat yang ditimbulkan jika para pembaca disugukan oleh buku yang tidak bermutu.

Sebelum masuk kedalam topik permasalahan. Saya akan mendefinisikan pengertian buku. Menurut saya, buku merupakan mahakarya manusia yang sengaja dibuat untuk menambah  pengetahuan, wawasan, serta bermanfaat bagi para pembacanya. Buku juga terbagi dalam dua jenis, diantaranya buku fiksi dan buku non fiksi.

Seperti yang biasa kita dengar bahwa buku adalah jendela dunia. Yang dimaksud dari jendela dunia ini adalah dengan membaca buku, kita dapat mengetahui berbagai macam pengetahuan tentang informasi di suatu wilayah atau bahkan diseluruh dunia tanpa harus melihatnya secara langsung. Sangat bermanfaat bukan?. Tetapi bagaimana jika kita selalu di sajikan oleh buku buku yang tidak bermutu.

Berikut saya akan menjelaskannya secara singkat dan jelas. yuk simak penjelasannya.

Di Indonesia ini, kebiasaan literasi masih sangat minim dilakukan. Karena mayoritas warganya tidak menggemari dan cepat bosan jika membaca. Beda hal nya dengan orang yang merasakan banyak manfaat dari membaca buku, pasti mereka akan merasa merugi jika tidak menyempatkan waktunya untuk membaca buku. Karena mereka sadar akan manfaat yang diberikan  oleh buku yang dibacanya.

Dengan membaca buku bermutu, seseorang akan memliki keunggulan komperatif dibanding dengan orang yang tidak membaca. Selain itu, orang akan memiliki keterbukaan akan cakrawala pemikirannya serta membaca buku akan membuat pikiran kita lebih terbuka dan bisa merefleksikan diri.

Adapun aspek yang harus diperhatikan untuk menciptakan buku yang bermutu seperti yang sudah tertulis pada Undang-Undang nomor 3 tahun 2017 pasal 43 (1) penulisan naskah asli buku dilakukan sesuai dengan standar, kaidah, dan kode etik penulisan naskah asli buku sebagai mana yang dimaksud pada ayat (1) diatur dengan peraturan pemerintah.

Buku bermutu memiliki krtiteria antara lain adalah daya indah, daya ubah dan daya gugah. Adapun kaidah buku bermutu yaitu :

  • Kaidah penulisan
  • Kaidah penerjemahan dan penyaduran
  • Kaidah penerbitan : penyutingan, penilustrasian, dan pendesainan

Buku bermutu juga memiliki beberapa aspek diantaranya adalah :

  • Materi
  • Penyajian
  • Bahasa
  • Desain dan grafika

Banyak penulis yang menciptakan buku yang bermutu dan bermanfaat bagi para pembaca, tetapi tidak sedikit juga penulis yang menciptakan buku yang tidak bermutu. 

Sangat penting bagi kita untuk membaca buku yang bermutu, karena buku yang kita baca nantinya akan mempengaruhi sifat dan perilaku kita di kehidupan nyata. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan