Mohon tunggu...
Farhan Ariatama
Farhan Ariatama Mohon Tunggu... Freelancer - mahasiswa tua

masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

KKN Reguler IT 112 UMY Memberdayakan UMKM di Dusun Pulih Rejo Melalui Pemasaran Online

17 September 2021   17:37 Diperbarui: 17 September 2021   17:53 57 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Reguler IT 112 UMY Memberdayakan UMKM di Dusun Pulih Rejo Melalui Pemasaran Online
Audiensi TIM KKN Reg IT UMY 112 didampingi Dosen Pembimbing Lapangan di posko KKN dusun PulihRejo

Program kampus kuliah kerja nyata atau sangat akrab di sebut KKN. KKN periode kali ini berbeda dengan periode-periode sebelum-sebelumnya ini dikarenakan situasi pandemi yang sedang melanda seluruh negara. KKN tahun ini berbasis IT, KKN yang biasanya kepada pembangunan desa akan tetapi KKN IT lebih di fokuskan kepada tingkat UMKM ini disebabkan banyak sekali UMKM yang sampe gulung tikar usahanya akibat terkendala pemasaran produk. 

Untuk itu UMY melakukan inovasi dengan menerjunkan mahasiswa di masyarakat dengan melakukan KKN berbasis IT kepada UMKM. Untuk tahun 2021 KKN periode ke-2 kelompok 112 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Rita Kusumawati, S.E., M.Si. dan di pimpin oleh ketua kelompok ichlasul vikriansyah nurdin dan juga anggota kelompok sebagai berikut:

Farhan Ariatama

Aldwino Argawinata

Singgih Catur Pamungkas

Fahira Tri Lestari

Novita Istiqomah

Rovi Apriani Eka Suci

Kelompok 112 tahun ini mendapat tempat di desa donokerto,pulih rejo, turi, sleman. Kelompok 112 melakukan observasi mencari tau UMKM disana apakah sudah bisa beradaptasi dengan situasi sekarang atau bahkan bisa saja dikatakan bangkrut akibat situasi pandemi. hasil observasi di dapatkan beberapa kendala yang dialami ibu-ibu PKK dalam pemasaran produk. Produk yang di buat oleh ibu-ibu PKK pulihrejo berupa sari buah salak dan crispy pepaya. Produk ini dibuat dengan beberapa proses sebagai berikut :

Namun kendala yang dibingungkan cara pemasaran produk untuk beredar di luar lingkungan pulihrejo. Untuk itu kami kelompok KKN 112 melakukan pembuatan media sosial berupa account instagram untuk kedua produk dan membuatkan kontekn feed instagram agar terlihat lebih menarik pelanggan dari luar pulihrejo. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan