Mohon tunggu...
Farha Tsabita Amanina
Farha Tsabita Amanina Mohon Tunggu... Mahasiswa

KKN TIM II Undip 2020

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pandemi Covid-19, Mahasiswa Undip Galakkan GEMARIKAN di Kalangan Anak-anak

13 Agustus 2020   22:23 Diperbarui: 13 Agustus 2020   22:18 4 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi Covid-19, Mahasiswa Undip Galakkan GEMARIKAN di Kalangan Anak-anak
Mengenalkan anak-anak dengan produk diversifikasi olahan ikan

Klaten (11/08/2020) - Indonesia masih bergelut melawan COVID-19. Wabah yang berasal dari China dan dapat  menular lewat droplet ataupun airborne ini semakin meluas ke seluruh penjuru negri. Hingga saat ini, jumlah kasus positif terus merangkak naik dengan beberapa melaporkan kesembuhan, tapi tak sedikit pula yang meninggal. Berbagai upaya pencegahan dan penanganan telah dilakukan, namun belum efektif dalam menurunkan angka pasien COVID-19. 

Mahasiswa KKN Tim II Undip 2020 hadir di tengah masyarakat RT 2 RW 9 Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten dengan melakukan edukasi GEMARIKAN kepada anak-anak. GEMARIKAN atau Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan mulai tahun 2004 yang bertujuan untuk mengkampanyekan pentingnya makan ikan sejak dini. Dalam kegiatan ini, mahasiswa menjelaskan berbagai kandungan dan manfaat yang dimiliki oleh ikan. Tak lupa, mahasiswa mengenalkan salah satu produk diversifikasi olahan ikan yaitu nugget sebagai alternatif makan ikan yang praktis, ekonomis dan tahan lama karena bahan mudah didapat dan murah, cara pembuatan yang simple, serta dapat disimpan dalam jangka waktu yang panjang. 

Edukasi cuci tangan kepada salah satu pelaku usaha di kawasan objek wisata
Edukasi cuci tangan kepada salah satu pelaku usaha di kawasan objek wisata

Selain edukasi GEMARIKAN, mahasiswa juga melakukan edukasi serta pengadaan alat cuci tangan. Program ini dilatarbelakangi oleh ramainya wisatawan yang berkunjung ke beberapa objek wisata di Desa Kebondalem Kidul yang merupakan salah satu desa wisata di Jawa Tengah. Edukasi cuci tangan dilakukan dengan menempelkan stiker ilustrasi mencuci tangan yang baik dan benar pada keran cuci tangan yang ada di sekitar objek wisata. Mahasiswa juga berinisiatif untuk memberi edukasi mencuci tangan yang baik dan benar dengan 6 langkah "Tepung Selaci Ibu Putar", yaitu menggosok telapak tangan, mengusap punggung tangan, menggosok sela jari, membersihkan ujung jari dengan posisi mengunci, menggosok dan memutar ibu jari serta membersihkan ujung kuku dengan posisi jari menguncup. 

Dengan dilaksanakannya kedua program kerja, mahasiswa berharap masyarakat dapat lebih bijak selama masa pandemi dengan giat mengonsumsi ikan karena kandungannya yang kaya akan gizi sehingga dapat meningkatkan imun tubuh serta dapat menerapkan langkah-langkah mencuci tangan yang efektif sesuai anjuran WHO.

Penulis : Farha Tsabita Amanina, Mahasiswa KKN Tim II Undip 2020 Kabupaten Klaten

Dosen Pembimbing : Dr. dr. Indranila Kustarini Samsuria, Sp.PK(K).

#P2KKNUNDIP #KKNTIM2UNDIP #LPPMUNDIP #KLATEN

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x