Mohon tunggu...
Farentyra Wardani
Farentyra Wardani Mohon Tunggu... Mahasiswa

tetap tersenyum dalam segala hal!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Narkoba Merusak Moral Anak Muda.

19 Desember 2020   16:36 Diperbarui: 19 Desember 2020   16:43 98 2 1 Mohon Tunggu...

Salah satu yang bisa membuat moral anak muda rusak adalah Narkoba. sebelumnya, apakah kalian semua tau apa itu narkoba? Narkoba merupakan zat obat-obatan terlarang yang efeknya pun sangat berbahaya. beberapa efek dari penyalah gunaan narkoba yaitu penurunan kesadaran, halusinasi, penurunan daya rangsang, dan lain-lain. saat zat-zat tersebut masuk ke dalam organ tubuh, maka akan mempengaruhi kerja  tubuh dan akhirnya  menyebabkan kecanduan. jika orang tersebut sudah kecanduan,maka akan mempengaruhi mental dan fisiknya juga. orang tersebut akan terus berusaha mencari cara agar bisa mengkonsumsi obat-obatan tersebut, dan karena di dalam tubuhnya sudah terkontaminasi zat-zat tersebut, maka orang yang sudah kecanduan akan melukai dirinya sendiri untuk menghisap darahnya sebagai pengganti obat-obatan tersebut. sungguh mengerikan bukan? 

Maka dari itu, narkoba sangat diwaspadai keberadaannya. Dan oknum-oknum jahat biasanya menyelundupkan narkoba agar dinikmati para pemuda dengan mencampurkannya pada makanan maupun minuman. sudah banyak berita yang beredar, contohnya seperti ditemukannya zat-zat narkoba di permen yang dijual di sekolah-sekolah dasar. maka dari itu, kita harus banyak berhati-hati dengan makanan minuman yang terjual di sekitar kita. Jika sudah merasakan narkoba, masa depan akan hilang. 

             Berikut jenis-jenis zat-zat narkoba : 

1. Narkotika golongan 1 : ganja,opium,dan lain-lain. menyebabkan kecanduan. 

2. Narkotika golongan 2 : morfin,alfaprodina, dan lain-lain. menyebabkan ketergantungan.

3. Narkotika golongan 3 : kodeina, etilmofina, dan lain-lain. narkoba jenis isi memiliki ketergantungan yang ringan dan terkadang digunakan untuk pengobatan terapi.

Lalu, mengapa narkoba bisa merusak moral kita? karena, pada saat kita sudah terjerumus pada narkoba, pikiran dan jiwa kita akan rusak. Kita akan kehilangan akal sehat kita contohnya seperti meninggalkan kewajiban-kewajiban yang harus kita jalani, meninggalkan norma-norma yang berlaku di masyarakat, berbohong, menjauhi keluarga, dan lain-lain. semua itu adalah pengaruh dari zat-zat narkoba. lama kelamaan diri kita sendiri akan di acuhkan, ditinggal oleh keluarga, dan dikucilkan dari teman dan masyarakat. karena sifat pecandu itu mudah marah,maka tidak akan ada yang betah bila terus bersama dengannya. 

Lalu, bagaimana cara agar terhindar dari narkoba? 

1. Bergaul lah dengan teman-teman yang baik. jauhi teman yang sering mengajak kiat untuk melakukan hal-hal yang buruk.

2. mendekatkan diri kita kepada Yang Maha Kuasa, agar kita selalu ingat bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara.

3. lebih dekat dengan keluarga dan menjaga komunikasi dengan keluarga, jangan sampai ada miss komunikasi di dalam keluarga. karena salah satu faktor utama pecandu narkoba adalah keluarga. misalnya keluarga yang orang tua nya cerai. 

4. mulai lah hidup sehat, seperti memakan makanan yang sehat, berolahraga,dan lain-lain.

5. sibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x