Mohon tunggu...
Farano Pranaja
Farano Pranaja Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemanfaatan Teknologi Informasi di Dunia Pendidikan

4 Desember 2022   12:46 Diperbarui: 4 Desember 2022   12:54 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pendidikan merupakan satu diantara beberapa aspek penting dalam kehidupan manusia. Sistem pendidikan yang baik dan diterapkan dengan baik adalah kunci mencetak penerus generasi bangsa yang cerdas, berkarakter, serta berkualitas

Di era globalisasi, pendidikan perlu beradaptasi dengan perubahan pola pikir dan kebutuhan yang serba cepat, praktis, dan tepat. Kehadiran teknologi informasi mampu melayani kebutuhan tersebut.

Teknologi informasi dapat berperan sebagai alat bantu pembelajaran melalui berbagai sarana komunikasi modern. Misalnya komputer, ponsel, surat elektronik (email), software belajar online, dan lain sebagainya.

Berikut adala beberapa Manfaat Teknologi Informasi untuk Pendidikan Masa Kini:

1.Menyediakan Media Pembelajaran Bervariasi

Dalam praktik pembelajaran konvensional, kegiatan belajar mengajar (KBM) umumnya hanya mengandalkan buku bacaan atau media tekstual lain seperti lembar kerja atau lembar fotokopi. Tetapi Dengan kemajuan teknologi sekarang kita banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran Sebagai contoh : media audio dan video yang ditampilkan melalui komputer, layar LCD, tablet, atau handphone.

Hal ini membuat dunia pendidikan mendapatkan dukungan pembelajaran yang semakin bagus dan bahkan bisa menunjang kegiatan belajar mengajar jarak jauh.

2.Kegiatan belajar tidak monoton.

Selain siswa yang mendapatkan sisi keuntungan dari penggunaan teknologi, guru atau pendidik juga bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan tekonologi.dengan metode mengajar yang lebih segar seperti Audio dan video berisi materi pembelajaran hingga software e-learning terbukti memberikan angin segar untuk metode pengajaran.

3.Meningkatkan Minat Belajar

Penyajian materi secara beragam yang sejalan dengan metode pembelajaran variatif adalah modal penting untuk menunjang minat belajar pada peserta didik. Dengan kegiatan belajar menyenangkan, mereka cenderung lebih menikmati proses pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun