Mohon tunggu...
farah salsabila
farah salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya seorang mahasiswi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hubungan Pancasila dengan Agama Apakah Sejalan??

26 September 2022   00:38 Diperbarui: 26 September 2022   00:52 141 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apasih Pancasila ituu?? Arti Pancasila sendiri menurut bahas adalah panca yang artinya lima dan sila yang artinya dasar. Dan menurut istilah dan yaitu konsep lima dasar negara Indonesia yang menjadi ideologi bangsa. Pancasila adalah lima dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila termasuk dasar negara Indonesia dan juga merupakan ideologi negara Indonesia, yang berbunyi : 1. Ketuhanan yang maha esa. 2. Kemanusiaan yang adil dan akan mengacu atau merujuk pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
Kalian pasti berfikir apakah ada keterkaitannya Pancasila sebagai ideologi bangsa dengan agama? Sedangkan agama di Indonesia ada 6? Insyaallah ada keterkaitannya dengan 5 daablum minaallah yang memilik arti huberadab. 3. Persatuan Indonesia. 4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan, 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Pancasila tidak sembarang di bentuk dan diciptakan, melainkan pada terbentuk Pancasila ini melewati berbagai hal dan proses yang cukup panjang dalam sekarang bangsa. Pancasila juga merupan sebuah ideologi negara bangsa Indonesia. Apasih ideologi itu, ideologi diambil dari bahasa Yunani yaitu Logos yang memiliki arti buah pemikiran dan idea adalah sebuah konsep atau ide. Pancasila tidak hanya menjadi ideologi bangsa Indonesia. Setiap perian dan santun dalam melakukan hal apapun dan dimanpun kita berada. Bahkan ini juga sangat penting dan harus di terapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, agar plaku masyarakat ataupun pejabat ataupun semua jajaran pejabat dan masyarakat Indonesia, semuanya bungan manusia dengan Allah, yang menciptakan alam semesta ini, hal ini juga terdapat pada surah Al Baqarah ayat 163 yang memiliki arti " Tuhan kamu itu Tuhan yang maha esa. Tidak ada Tuhan selain Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang. Kemudian, hubungan ideologi Pancasila dengan agama yang ke dua adalah. 2. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Dalam hal ini, kita dalam melakukan atau melaksanakan apa pun harus bersikap dengan baik dan adil bagi sesama manusia. Harus bersikap sopemerintah selalu bersikap adil dan tegas terhadap masyarakat Indonesia agar negara Indonesia menjadi negara keadilan. Dan dalam agama Islam ini di sebut konsep hablum minannas yang artinya hubungan manusia dengan manusia,atau istilahnya lebih ke sumbesar negara kita yaitu Pancasila, simak dengan baik-baik ya..
Keterkaitan Pancasila sebagai ideologi bangsa dengan Pancasila, mari kita mulai dengan Pancasila yang pertama. 1. Ketuhanan yang maha esa. , Tuhan yang telah menciptakan alaYang memiliki arti seluruh rakyat Indonesia mempunyai kebebasan, mempunyai hak dan kewajibannya sendiri dalam beragama dan memiliki keyakinan dan wajib menyakini bahwa sesungguhnya Tuhan itu adam semesta ini. Dalam agama Islam konsep ini di sebut sebagai hr daya manusianya. Hal ini juga di sebutkan pada ayat suci Alquran surah an-nahl ayat 90 yang artinya " Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti." 4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Sila ke 4 ini memiliki kaakyat Indonesia. Bahwasannya kita masyarakat Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang harus dijaga dengan seimbang. Keadilan ini juga sangat berlaku bagi siapapun masyarakat Indonesia baik dalam kehidupan sehari-hari, bharus saling membantu dan gotong royong, saling menghargai hasil karya orang lain.
Jadi darisini kita bisa tau bahwa sebenernya pancayitu tidak bertentangan dengan agama, bahkan bisa di katakan Pancasila merupakan jalan tengah yang bisa diambil hikmahnya dalam beragama dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dalam lahirnya Pancasila ini tidak hanya melibatkan satu tokoh agama saja melainkan semua agama yang ada di Indonesia juga ikuttt dalam melahirkan Pancasila ini bahkan tokoh nasionalis pun juga ikut serta.
Maka hubungan antara Pancasila dan agama ini saling mendukung dan saling menguatkan. Pancasila mengakui adanya agama dan kebebas dalam beragama, dan agama juga mengapresiasi nilai nilai Pancasila, tetapi Pancasila jangan sampai dijadikan agama, biar lah tetap pada posisinya masing-masing agar tidak merusak konsep yang ada.ndungan yang merakyat yang berarti kita harus saling menghargai dalam keputusan yang di berikan orang lain, tidak egois dan tidak mementingkan diri sendiri, juga harus menghargai pendapat orang lamelakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran". 3. Persatuan Indonesia. Setelah kita mencerminkan kehidupan yang baik dan adil, maka harus terciptalah kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia ini, maka dalam lingkungan sosial harus menjadi lingkungan yang baik, menjalin silaturahmi satu sama lain agar semakin erat persatuan bangsa Indonesia. Dalam Islam hal ini termasuk dalam konsep ukhuwah islamiah yang harus dijaga, seperti yang terkandung dalam surat Al hujarat ayat 13 yang artinya  " Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, in dan harus lebih  mementingkan kepentingan bersama. Kita harus melakukan musyawarah sebagai jalan ketika suatu permasalah tidak terselaikan dengan menggunakan prinsip diatasi yang telas di sebutkan. Kemudian sila terakhir yang berhubungan dengan agama adalah sila ke 5 yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh r

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan