Mohon tunggu...
Anisa Farah
Anisa Farah Mohon Tunggu... selalu percaya sebuah usaha untuk meraih kesuksesan

berusahalah dengan sungguh - sungguh untuk mencapai apa yang kau inginkan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kreatifitas dan Tanggung Jawab Guru

30 November 2020   22:23 Diperbarui: 30 November 2020   22:25 39 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kreatifitas dan Tanggung Jawab Guru
freepik

"Seni tertinggi guru adalah untuk membangun kegembiraan dalam ekspresi  kreatif dan pengetahuan."

Elbert Einstein

Menjadikan anak memiliki kepribadian dan potensi baik dan dapat sukses dimasa depan adalah keinginan setiap orang tua. Menjadikan anak meiliki potensi dan kepribadian baik itu bukanlah perkara yang mudah, terkadang anak akan susah untuk di ingatkan apabila yang anak lakukan adalah sesuatu yang salah.

Apabila kita melihat ada seorang anak yang memilki kepribadian baik di masa dewasanya , itu dikarenakan Ketika ia dalam masa pertumbuhan ( masa kanak kanak ) orang tuanya sudah memberikan pengajaran yang baik kepadanya. Masa kanak kanak adalah masa dimana anak mampu mengembangkan 50% kecerdasannya, dan 30% akan berkembang pada usia 8 tahun dan sisanya akan berkembang pada pertengahan atau akhir dasawarsa kedua.

Pada masa ini anak akan membentuk karakter dan kecerdasannya, pada masa ini pula perlakuan orang tua, guru, dan lingkungan disekitar anak akan menjadi pondasi dasar terbentuknya karakter anak tersebut. Maka sangatlah penting untuk para orang tua dan guru memberikan pengajaran yang baik kepada anak, agar dapat membentuk karakter yang baik pada anak. Biasanya pada usia ini anak akan dimasukkan ke dalam PAUD agar dapat mengasah setiap potensi yang anak miliki dengan bimbingan dari guru.

Dalam mengajarpun guru seharusnya memiliki ketrampilan dasar dalam mengajar, agar peserta didik mampu menangkap pembelajaran yang disampaikan sesuai usia anak tersebut. Guru PAUD pun diwajibkan memilki sikap kreatif, produktif, dan inovatif dalam melakukan pembelajaran, agar anak tidak bosan denga napa yang diajarkan oleh guru.

Sikap kreatif dan inovatif yang dimilki guru juga dapat membantu anak mengasah potensi dan membangun karakter anak. Pada masa ini anak akan lebih suka bermain daripada belajar, maka para guru harus mampu mengambil simpatik untuk belajar. Biasanya guru PAUD akan mengikuti teori Jondewey yaitu "Learning By Doing" , dimana anak akan belajar dengan mempraktekan secara langsung. Anak akan lebih mudah untuk mengingat apa yang diajarkan oleh guru Ketika ia langsung mempraktekan apa yang diajarkan.

Adapun ciri -- ciri guru yang kreatif :

1.Menciptakan ide baru

Biasanya guru yang kreatif mampu menciptakan pembelajaran pembelajaran baru agar mampu mengambil daya Tarik anak untuk belajar dengan menciptakan suatu hal yang baru, yang mungkin belum pernah anak ketahui.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN