Mohon tunggu...
Farah Fadhilah
Farah Fadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNDIP

Writing Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa Undip Ciptakan Hand Sanitizer Foot Press Guna Cegah Penyebaran Covid-19 di Kelurahan Bulusan

3 Agustus 2021   08:07 Diperbarui: 3 Agustus 2021   08:18 37 1 0 Mohon Tunggu...

Bulusan (02/08) - Bagi sebagian besar warga UNDIP kegiatan pengabdian yang biasa dikenal dengan sebutan Kuliah Kerja Nyata atau KKN memanglah bukan suatu hal yang baru. Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun itu, kali ini harus menghadapi sistem pelaksanaan yang berbeda dikarenakan wabah COVID-19. 

Kegiatan yang bertajuk "KKN Pulang Kampung" ini sudah berjalan dua tahun sejak tahun 2020 kemarin, sehingga mahasiswa dihimbau untuk melaksanakan kegiatan KKN di kampung halaman masing-masing dengan tujuan penghindaran COVID-19 dan juga agar mahasiswa dapat bersama-sama memberdayakan kampung halaman mereka.

KKN yang bertemakan "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's)" ini telah dilaksanakan selama 5 minggu oleh salah satu mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis yakni Farah Fadhilah.

Kelurahan Bulusan menjadi fokus utama Farah dalam melaksanakan kegiatan KKN kali ini. Berdasarkan update terkini, diketahui bahwa Kelurahan Bulusan termasuk salah satu wilayah di Semarang yang memiliki kasus positif COVID-19 yang cukup tinggi. 

Setelah melakukan survey kepada Lurah Bulusan, ditemukan permasalahan utama yakni masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan di tengah pandemi COVID-19.

Seperti yang kita ketahui bahwa virus COVID-19 dapat dengan mudah menyebar melalui sentuhan. Oleh karena itu kebersihan dianggap sebagai senjata utama dalam memerangi pandemi ini. Namun sayangnya, masih cukup banyak warga yang sampai saat ini masih tak acuh akan hal tersebut.

Oleh karena itu program "Pembuatan Hand Sanitizer Foot Press" dipilih oleh Farah sebagai langkah awal dalam upaya menghentikan penyebaran COVID-19. 

Dengan konsep foot press diharapkan dapat menghambat proses penyebaram virus COVID-19 dikarenakan warga tidak perlu secara langsung menyentuh alat Hand Sanitizer tersebut dan hanya cukup menginjak bagian bawahnya saja. Cara ini dianggap cukup efektif dalam mengurangi kontak langsung antar warga.

Alat Hand Sanitizet Foot Press itu nantinya akan diletakkan di tempat yang strategis sehingga dapat dengan mudah dijangkau oleh warga sekitar. Dengan adanya program ini diharapkan warga Kelurahan Bulusan menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan juga menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya memerangi pandemi COVID-19 ini.


Penulis : Farah Fadhilah/Akuntansi 2018/FEB

DPL : dr. Dea Amarilisa Adespin, M.Kes

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN