Mohon tunggu...
Farah Abimanyu
Farah Abimanyu Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Postgraduate York University

A Wanderer

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Melihat Persatuan Melalui Gapura Cinta Negeri

2 September 2019   14:45 Diperbarui: 2 September 2019   15:02 34 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Biro setpres

Di tengah situasi saudara-saudara kita di Papua kemarin yang sempat memanas, karena ditunggangi oleh kepentingan asing untuk merebut Papua (kompas.com), ada kabar gembira yang bisa mengingatkan kembali kepada saudara kita di Papua sana bahwa kita semua bersaudara, Kita Satu Indonesia!

Hari ini (02/09/19), Presiden Jokowi mengapresiasi dan mengundang ke Istana para pemenang lomba menghias gapura, yang mengusung tema "Cinta Negeri". Festival ini sendiri diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Ada 10 pemenang kategori umum yang berasal dari Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua yang diundang ke Istana. Selain itu, Presiden Jokowi juga memberikan apresiasi khusus kepada peserta dari Nduga, Papua.

Hal ini membuat kita terharu dan memang patut diapresiasi, dimana ketika nasionalisme sebagai bangsa Indonesia sedang diuji, masyarakat Nduga menunjukan bukti kecintaan kepada negeri dengan turut serta membuat gapura dalam rangka HUT Kemerdekaan RI. Meski dengan materi yg minim, lokasi yang terimbas konflik, tapi tidak mengurangi rasa patriotik mereka!

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2018 kemarin merupakan waktu yang tepat sebagai pengingat pada seluruh rakyat Indonesia bahwa kita patut bangga dengan negeri ini.

Dengan berbagai macam adat istiadat kita, kita mewarisi berbagai macam tradisi dan kebudayaan, yaitu salah satunya kegiatan menghias gapura. Disana kita bisa melihat kreatifitas masyarakat Indonesia, melihat ciri khas dan sentuhan khas daerah masing-masing. Kita juga bisa melihat bahwa masih ada budaya gotong royong dan Bhineka Tunggal Ika yang membuat kita Merdeka dan Bersatu hingga saat ini!

Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh!

Marilah kita jaga persatuan, jangan mau dipecah belah oleh siapapun !

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan