faradina nurul suci
faradina nurul suci

sedang menimba ilmu di universitas islam negri malang, jurusan psikologi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kognitif on Daily

12 September 2013   21:29 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:59 103 1 0

KOGNITIF ON DAILY

Tahu kah anda, apa yang sedang anda lakukan sekarang? dengan membaca artikel ini,tanpa anda sadari sekarang anda telah mengalami proses kognisi. Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui apa itu kognisi? Kognisi adalah proses berfikir. keseluruhan hal yang mungkin dilakukan manusia;bahwa seluruh fenomena psikologis adalah fenomena kognitif.

Dalam kehidupan sehari- hari kita tidak akan lepas dari proses kognisi, karena kognisi adalah proses dimana kita berfikir dengan menginterprestasikan, menganalisa, mengingat segala informasi yang kita dapat. Seperti halnyasekarang kita mengetahui bahwa kendaraan yang beroda 4 adalah mobil, informasi mengenai mobil tersebut adalah informasi yang tersimpan di dalam memori kita, sehingga kita mengetahui bahwa yang beroda 4 adalah mobil. Selain informasi yang tersimpan di dalam memori kita, masih banyak juga informasi informasi baru yang kita dapatkan dalam kehidupan kita sehari- hari. Seperti kejadian yang saya alami pada hari ini, sebelumnya saya tidak tahu tempat kost teman saya, yang saya tahu hanyalah alamatnya saja, ketika itu teman saya mengajak saya untuk belajar bersamanya di tempat kostnya, dari situlah saya mengetahui dimana kostnya sekarang proses tersebut kita sebut dengan atensi, dan tanpa saya sadari informasi tersebut tersimpan didalam memori saya yang sering kita sebut dengan encoding(menyimpan informasi yang didapat di dalam memori). Kemudian ketika saya kembali belajar ke tempat kost teman saya hal yang saya lakukan adalah me-recall apa yang sudah saya simpan di dalam memori saya. kejadian yang saya alami tersebut tidak lepas dari proses kognisi.

Neisser (1967) menunjukkan dengan tepat:istilah kognisi mengacu pada seluruh proses dimana input sensorik diubah, dikurangi, dimaknai, disimpan, diambil kembali, dan digunakan…..jelaslah bahwa kognisi dilibatkan dalam keseluruhan hal yang mungkin dilakukan manusia;bahwa seluruh fenomena psikologis adalah fenomena kognitif.

Sebagian orang banyak yang tidak menyadari bahwa dalam kehidupan manusia tidak akan lepas dari proses kognitif,dari sensasike persepsi ,pengenalan pola,kesadaran, belajar,imajinasi ,emosi, kecerdasan,bahasa, dan bagaimana keseluruhan hal tersebut berubah sepanjang hidup( terkait perkembangan hidup) dan bersilangan dengan berbagai bidang prilaku.

Sebenarnya masih banyak hal yang dapat kita ketahui tentang kognisi dalam kehidupan kita saat ini. Misalnya ketika anda memecahkan sebuah masalah, mengerjakan soal ujian, mengobrol bersama teman anda, belajar, memasak dan masih banyak hal lagi yang proses kognisi lainya. Dengan membaca tulisan ini semoga anda dapat lebih mengetahui tentang kognisi dalam kehidupan sehari hari.

Sumber : Solso, Robert L. dkk. Psikologi kognitif. Erlangga. Jakarta.