Mohon tunggu...
Faradilla PutriKurniasari
Faradilla PutriKurniasari Mohon Tunggu... Mahasiswa

Kesabaran adalah sahabat terbaik dari kebijaksanaan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

What is SEL?

26 Maret 2020   20:45 Diperbarui: 26 Maret 2020   20:46 6 0 0 Mohon Tunggu...

Pernah denger gak sih Social Emotional Learning (SEL) itu apa?

Nah SEL itu Pembelajaran sosial-emosional merupakan proses di mana anak-anak dan orang dewasa memahami dan mengelola emosi, menetapkan dan mencapai tujuan positif, merasakan dan menunjukkan empati untuk orang lain, membangun dan memelihara hubungan positif, pengembangan kesadaran diri, keterampilan interpersonal yang vital untuk keberhasilan sekolah, pekerjaan, dan kehidupan membuat keputusan yang bertanggung jawab.

menurut CASEL ada Lima Kompetensi Inti yaitu :

  • Self-awareness (kesadaran diri) ¬†Kemampuan secara akurat untuk mengenali emosi dan pikiran seseorang dan pengaruhnya terhadap perilaku. Secara akurat ini termasuk menilai kekuatan dan keterbatasan seseorang dan memiliki rasa percaya diri dan optimisme yang beralasan.
  • Self-management (Manajemen diri) Kemampuan untuk mengatur emosi, pikiran, dan perilaku seseorang secara efektif dalam situasi yang berbeda. Ini termasuk mengelola stres, mengendalikan impuls, memotivasi diri sendiri, dan menetapkan dan bekerja menuju pencapaian tujuan pribadi dan akademik.
  • Social awareness (Kesadaran sosial) Kemampuan untuk mengambil perspektif dan berempati dengan orang lain dari beragam latar belakang dan budaya, untuk memahami norma-norma sosial dan etika untuk perilaku, dan untuk mengenali sumber daya dan dukungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
  • Relationship skills (Keterampilan hubungan) Kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang sehat dan bermanfaat dengan beragam individu dan kelompok. Ini termasuk berkomunikasi dengan jelas, mendengarkan secara aktif, bekerja sama, melawan tekanan sosial yang tidak pantas, menegosiasikan konflik secara konstruktif, dan mencari dan menawarkan bantuan ketika dibutuhkan.
  • Responsible decision-making (Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab) Kemampuan untuk membuat pilihan yang konstruktif dan terhormat tentang perilaku pribadi dan interaksi sosial berdasarkan pertimbangan standar etika, masalah keselamatan, norma sosial, evaluasi realistis konsekuensi dari berbagai tindakan, dan kesejahteraan diri dan orang lain.

Orang-orang dengan keterampilan sosial-emosional yang kuat lebih mampu mengatasi tantangan sehari-hari dan mendapatkan manfaat secara akademis, profesional, dan sosial. Dari penyelesaian masalah yang efektif hingga disiplin diri, dari kontrol impuls hingga manajemen emosi dan banyak lagi, SEL memberikan landasan untuk efek positif jangka panjang pada anak-anak, orang dewasa, dan masyarakat. Anak-anak berkembang sekolah menang. Dan juga memiliki manfaat di tempat kerja. Masyarakat menguat. Semua karena pembelajaran sosial-emosional.

Keterampilan hidup seperti manajemen emosi, pemecahan masalah, membuat keputusan yang bertanggung jawab, keterampilan mengatur diri sendiri, dan menjaga hubungan yang sehat membantu menciptakan masyarakat yang berfungsi dengan baik, penuh kasih sayang. Mirip dengan kecerdasan emosional (konsep yang digunakan di luar pengaturan sekolah), keterampilan ini memungkinkan orang untuk beradaptasi, menjadi sumber daya, dan bekerja dengan baik dengan orang lain, dan mereka semua diajarkan dalam program SEL.

SEL sangat bermanfaat bagi anak-anak dan orang dewasa . Efek jangka panjangnya membantu menurunkan tingkat depresi dan kecemasan serta mengurangi perilaku berisiko seperti penggunaan narkoba dan drop-out, dan dapat mengurangi perilaku kekerasan dan kriminalitas.

VIDEO PILIHAN