Mohon tunggu...
Faradila Syifa Salsabila
Faradila Syifa Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Primary Teacher Education Semangat~!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Platform Aplikasi Media Pembelajaran Daring yang Dapat Digunakan oleh Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Daring

30 Juli 2021   08:30 Diperbarui: 30 Juli 2021   11:15 262 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Platform Aplikasi Media Pembelajaran Daring yang Dapat Digunakan oleh Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Daring
Dok. pribadi

Dalam situasi darurat pandemi Covid-19 di Indonesia sejak tahun 2020 pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk sistem pendidikan yang baru selama pandemi, yaitu pembelajaran yang dilaksanakan secara daring atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan melalui media online dan jaringan internet dan dalam pelaksanaannya pun siswa harus dibimbing dan didampingi oleh orang tuanya di rumah.

Di beberapa sekolah daerah Jawa Barat sudah menerapkan sistem pembelajaran daring ini secara lengkap, terstruktur dan terarah. namun tidak sedikit juga yang masih mengalami banyak kendala untuk pelaksanaan pembelajaran daring ini , permaslahan yang ada diantaranya karena keterbatasan pengetahuan guru tentang penggunaan media daring yang menyebabkan pembelajaran daring menjadi membosankan bagi siswa. Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa rekomendasi platform atau aplikasi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa selama pembelajaran daring. Diantaranya adalah :

  1.  Youtube

Di zaman serba canggih ini, semua orang pasti sudah mengetahui aplikasi yang satu ini. Youtube merupakan penyedia layanan aplikasi berupa sekumpulan video yang dapat dibagikan kepada banyak orang. Dalam pembelajaran, guru bisa membuat sebuah video yang kemudian di upload di youtube lalu siswa bisa memnontonnya di rumah. Atau siswa bisa mencari bahan materi yang akan dipelajari melalui banyak sekali video penjelasan yang ada di youtube, dalam situasi seperti ini youtube dirasa dapat memberikan banyak manfaat bagi penggunanya karena selain untuk edukasi youtube juga dapat dijadikan sebagai konten hiburan.

 

Banyak sekali konten yang dapat membantu siswa belajar dirumah melalui video yang ada di youtube.

            2. Google Classroom 

Google Classroom atau biasa disingkat Gclassroom merupakan bagian dari aplikasi milik google yang memfasilitasi siswa dan guru untuk belajar bersama. Caranya, guru bisa membuat kelas terlebih dahulu kemudian siswa bisa join ke kelas tersebut. Nantinya, guru akan memberikan materi pengantar, tugas, pengumuman, dan sebagainya dalam kelas ini. Selain itu sisa juga akan mendapatkan pengingat tugas yang harus dikerjakan, Gclassroom ini cocok untuk mengkolektifkan tugas dari setiap siswa karena dirasa mudah dan praktis.

        3. Aplikasi Video Conference

Sejak adanya pandemi dan pembelajaran daring orang-orang lebih sering menggunakan Video conference sebagai sarana untuk bertatap muka langsung. Aplikasi video conference ini dirasa sangat membantu dalam pembelajaran daring teruatama di situasi seperti ini, kita bisa bertemu langsung dengan orang lain tanpa harus kontak langsung. Namun dalam tingkat Sekolah Dasar (SD) video conference sangat jarang digunakan karena sebagian guru kurang memahami cara penggunaannya. Aplikasi video conference ini diantaranya adalah zoom meeting, google meet, skype, Google duo, Cisco Webex, Ring dan sebagainya.
 Guru dan siswa bisa secara langsung melaksanakan pembelajaran, siswa juga mungkin akan lebih paham bila menggunakan video confernce ini dan guru juga bisa memantau perkembangan siswa secara langsung.

   4. Padlet

Padlet dalah papan tulis online dengan memfasilitasi siswa untuk memasukkan catatan di tempat umum. Hal ini memungkinkan siswa untuk berbagi catatan dengan orang lain dalam bentuk link, gambar, video dan dokumen yang berbeda. Setiap catatan ini dapat diakses oleh guru dan semua siswa yang ada di kelas tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN