Mohon tunggu...
FFW
FFW Mohon Tunggu... Universitas Bina Sarana Informatika

-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tingkatkan Kualitas Dosen, UBSI Tegal Gelar Workshop Data Mining

11 Februari 2020   15:32 Diperbarui: 11 Februari 2020   16:04 2 0 0 Mohon Tunggu...

TEGAL -- Prodi Sisitem Informasi Universitas BSI Kampus Kota Tegal menggelar Workshop Data Mining dengan RapidMiner sebagai penunjang publikasi Ilmiah Dosen. Workhsop ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian Dosen Universitas BSI terutama penelitian dengan tema Data Mining. Kegiatan telah dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Februari 2020 dan dihadiri oleh para Dosen Universitas BSI yang memiliki minat pada bidang Data Mining.

Husni Faqih, M.Kom selaku Ka.Prodi Sistem Informasi sekaligus ketua pelaksana kegiatan mengatakan bahwa saat ini dengan berkembang pesatnya media sosial membuat Big Data sebagai salah satu sumber daya yang sangat penting. Dimana Big Data merupakan serangkaian data dan perilaku yang dihimpun dari para pengguna Internet, baik yang diakses lewat komputer maupun smartphone. Dari Big Data ini dapat diolah dengan Data Mining yang menghasilkan prediksi, deskripsi, klasifikasi, dan asosiasi dari data sehingga hasil Data Mining akan sangat bermanfaat bagi penggunanya baik bisnis, pemerintahan, kesehatan dan bidang lain. Melihat pentingnya Data Mining ini, dia sangat berharap para Dosen Universitas BSI dapat membuat penelitian tentang Data Mining di setiap tahunnya.

Elly Muningsih, M.Kom selaku narasumber membahas data mining dari pengertian, jenis data, kategori data mining, penerapan dan penerapan tools pengolahnya yaitu RapidMiner. Pengenalan RapidMiner meliputi pengenalan dari bagian-bagian yang ada seperti Menu File, Operator yang berisi operator yang digunakan, Repository untuk menyimpan data dan proses, main Process yang merupakan lembar kerja RapidMiner, Parameter dan Help. Pengolahan data mining dengan RapidMiner dicoba dengan kategori Clustering (pengelompokan), Classification (klasifikasi) dan Association (asosiasi). Data yang digunakan menggunakan data UCIMachineLearning dan data Sample dari RapidMiner. Pengolahan data meliputi persiapan data, pre-processing, pemilihan model sampai ke evaluasi (Performance) dan Validation.

"Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan animo dari para dosen (peserta) baik. Semoga tujuan dari workshop ini terpenuhi nantinya, yaitu setiap tahun para dosen Universitas BSI Kampus Kota Tegal mampu mempublikasikan hasil penelitian dengan tema data mining." tutur Husni.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x