Mohon tunggu...
FFW
FFW Mohon Tunggu... Universitas Bina Sarana Informatika

-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

UBSI Tegal Selenggarakan Seminar Pentingnya Sertifikasi

30 Oktober 2019   15:42 Diperbarui: 30 Oktober 2019   15:54 21 0 0 Mohon Tunggu...

UBSI Tegal Selenggarakan Seminar Pentingnya Sertifikasi Kompetensi

TEGAL -- Program Studi Sistem Informasi Akuntansi(SIA) Kampus Kota Tegal Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menyelenggarakan Seminar Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Program Studi dengan tema "Peningkatan Kualifikasi dan Pengakuan Kompetensi SDM Dalam Dunia Kerja"yang diadakan oleh Fakultas Teknologi Informasi Program Studi Sistem Informasi Akuntansi pada tanggal 30 Oktober 2019 yang bertempat di Kampus UBSI Tegal.Seminar tersebut diikuti oleh mahasiswa semester satu Program Studi Sistem Informasi Akuntansi UBSI Kampus Tegal.

Angga Ardiansyah sebagai narasumber dalam acar seminar ini mengatakan, Kenapa harus memiliki Sertifikasi? Sertifikasi kompetensi merupakan suatu program uji kompetensi keahlian yang diselenggrakan oleh suatu lembaga resmi sertifikasi untuk memberikan bukti berupa sertifikat keahlian sebagai pengakuan yang dilakukan secara teknis dan sistematis melalui serangkaian uji kompetensi. 

Sertifikasi sebagai bentuk pengakuan terhadap tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan. Dengan begitu, sertifikasi kompetensi memastikan bahwa pemegang setifikat tersebut terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Pemberian sertifikasi kompetensi melalui testatauuji kompetensi  yang mengacu pada standard kompetensi kerja nasional atau internasional untuk keahlian khusus. Siapa yang melakukan sertifikasi? Dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Lembaga sertifikasi Profesi (LSP) yang melakukan sertifikasi harus mendapatkan lisensi dari BNSP (Badan   Nasional Sertifikasi Profesi).AnggaArdiansyahmelanjutkanujarnya di hadapan 15 peserta mahasiswa Prodi SIA.

Bagi para pencari kerja yang sudah memiliki sertifikat kompetensi maka akan sangat memberikan banyak keuntungan seperti meningkatnya kredibilitas dan kepercayaan diri, memiliki bukti bahwa kompetensinya diakui, nilai jualnya semakin bertambah, kesempatan berkarir lebih besar, dan memiliki parameter yang jelas akan adanya keahlian dan pengetahuan yang dimiliki. Sedangkan keuntungan bagi karyawan yang sudah bersertifikat adalah mendapatkan jenjang karir dan promosi yang lebih baik, meningkatnya akses untuk berkembang dalam profesinya dan pengakuan terhadap kompetensi yang dimilikinya.

VIDEO PILIHAN