Mohon tunggu...
Fanny Citra
Fanny Citra Mohon Tunggu... Pelajar -

Hard words breaks no bones

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Global Health Issues Event Preview

12 November 2015   10:30 Diperbarui: 12 November 2015   11:19 103 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Gedung Fakultas Kedokteran UPH dan Mochtar Riady Institute of Nanotechnology (MRIN)

 

Pada tanggal 2-4 Desember 2015, UPH akan menjadi tuan rumah konferensi internasional yang membahas isu-isu kesehatan global dari perspektif iman Kristen, yaitu “Christian Responses to Global Health Issues”. Konferensi internasional ini diadakan atas kerjasama antara Medical Science Group UPH dengan Biola University, USA. Konferensi ini merupakan wacana multidisiplin yang menyatukan para dokter, perawat dan profesional kesehatan lainnya serta mahasiswa untuk terlibat dan membahas isu-isu kesehatan global secara holistis seperti yang telah ditunjukkan oleh karya Kristus dalam penyembuhan dan penebusan.

Isu-isu kesehatan global sangat penting dalam dunia sekarang ini, bahkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta status perekonomian yang semakin membaik, tidak menjadikan dunia menjadi tempat yang lebih sehat. Hal ini karena banyak penyakit baru yang bermunculan dan dunia baru mulai menyadari bahwa penyakit adalah sebuah hasil dari banyak komponen. Penyakit bukanlah satu komponen yang berdiri sendiri; kita perlu mengatasi kesehatan secara keseluruhan, dengan apresiasi holistis melihat semua faktor, yang memengaruhi tubuh, jiwa dan roh.

Ini adalah masalah penting yang harus dimengerti oleh tenaga medis profesional. Oleh karena itu, konferensi ini akan mengacu kepada pengaruh kelemahan ekonomi, komunikasi, peran pendidikan dan bagaimana pencegahannya serta pentingnya kesehatan mental. Inilah alasan mengapa konferensi akan menekankan pada pentingnya pendekatan holistis sebagai hasil yang bertujuan untuk mentransformasikan dan mengubahkan keseluruhan pribadi seseorang mulai dari kesehatan fisik, mental hingga spiritual. Dunia harus memahami konsep penting yaitu kesehatan secara Kristiani tidak hanya berfokus pada fisik, namun juga memulihkan pikiran dan roh.

 

UPH sebagai institusi pendidikan Kristen perlu meresponi isu ini karena UPH khususnya Fakultas Kedokteran dan Keperawatan, melatih dan mengajarkan mahasiswa untuk menjadi bukan hanya curers. Seluruh tenaga kesehatan profesional perlu menyadari konsep tentang kebutuhan menjadi penyembuh (healers) orang, yaitu mereka yang terpanggil untuk merawat seseorang secara holistis, dan dalam iman Kristen. Hal ini dapat terlaksana dengan keyakinan dan iman di dalam Kristus, Sang Penyembuh sejati.

 

Pengajaran Alkitab telah memberikan visi bagi orang Kristen untuk membuat perubahan dengan memerhatikan kesakitan dan penderitaan secara holistis. Orang Kristen perlu mengatasi kerusakan akibat penyakit yang merusak tidak hanya tubuh, tetapi individu secara keseluruhan. 

Prof. George

Salah satu tujuan dari konferensi ini adalah untuk mengajak semua pihak agar memiliki pemahaman yang sama tentang pemulihan yang holistis. Konferensi ini akan mengundang perwakilan dari berbagai negara di Asia dan Afrika, juga Inggris, Amerika Serikat, Australia, Hong Kong dan Taiwan. Konferensi ini juga akan mengundang berbagai institusi Kristen dan institusi pendidikan dalam negeri. Kami juga berfokus untuk mendorong peserta dari mahasiswa Kedokteran dan Keperawatan untuk berpikir lebih dalam tentang panggilan mereka. Konferensi ini juga terbuka bagi publik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan