Mohon tunggu...
Nur Falihatus Sakinah
Nur Falihatus Sakinah Mohon Tunggu... Mahasiswa PG PAUD Unisnu

Tulislah ha-hal yang baik, agar bermanfaat untuk dirimu dan orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menumbuhkan Minat Baca Anak Selama Belajar Dari Rumah

10 Juli 2020   08:45 Diperbarui: 12 Juli 2020   10:40 44 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menumbuhkan Minat Baca Anak Selama Belajar Dari Rumah
img-20200709-123505-5f07e87fd541df714d762072.jpg

Anak usia dini (0-8 tahun) merupakan tahapan usia yang tepat untuk memberikan berbagai stimulus dan penanaman kebiasaan-kebiasaan baik guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan di masa mendatang. Salah satunya adalah dengan menumbuhkan pembiasaan untuk membaca sejak usia dini. Untuk mewujudkan pembiasaan membaca ini tentunya tidak hanya membutuhkan peran dari sekolah, namun juga membutuhkan adanya peran dari keluarga, karena orangtua yang kerap kali di jadikan sebagai role model atau contoh utama anak dalam melakukan tindakan.

Pada masa pandemi covid-19 ini bisa menjadi moment yang tepat bagi orangtua untuk membangun minat baca anak. Karena kegiatan belajar mebngajar di sekolah diliburkan beralih beajar dari rumah menggunakan metode daring maka kesempatan anak untuk meng-exsplore rasa ingin tahunya akan lebih leluasa dengan pendampingan dan dorongan semangat dari orangtua.

Seperti yang sedang dilakukan oleh Ibu Zulaikhah, sebagai pendidik dan ibu rumah tangga beliau selalu menluangkan waktu di pagi hari dan malam hari untuk mebersamai putranya belajar dengan menyediakan aneka buku bacaan, menyediakan alat tulis, hingga menyiapkan media belajar kartu huruf. 


“Kalau tahun dapan masih belajar dari rumah,  mau tidak mau agar anak-anak kita tidak terus-terusan main apalagi kalau sudah dikenalkan dengan gedget pasti akan susah mengembalikan fokusnya untuk sekedar mengaji apalagi untuk belajar. Hingga saya berusaha untuk meluangkan waktu disela- sela urusan rumah dan kerjaan agar anak tetap mau belajar ya seperti ini menambah koleksi buku cerita bergambar, cerita fabel, dongeng kisah nabi, hingga buku seri anak islami. Sehingga anak tidak bosan melihat buku cerita yang itu-itu saja. Karena saya yakin meskipun anak saya belum bisa membaca satu kalimat penuh tapi dengan adanya gambar- gambar ini setidaknya mampu mewakili isi dari ceritanaya”.


Membaca adalah salah satu kegiatan yang mampu menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi pembacanya. Oleh karena itu kita sebagai orangtua dan pengasuh diharapkan dapat menjadi motivator dan fasilitator dalam menumbuhkan minat baca anak kita. Saat anak sudah terbiasa untuk membaca maka akan tumbuh rasa cinta terhadap buku bacaan dan akan tumbuh kebiasaan menjadi pembaca yang memiliki minat baca alamiah. Semakin banyak membaca, maka seseorang tersebut akan semakin banyak tahu, berwawasan dan memiliki kualitas yang lebih baik dari orang yang sedikit membaca.



VIDEO PILIHAN