Mohon tunggu...
Muhammad FakhriAvaqo
Muhammad FakhriAvaqo Mohon Tunggu... Masih belajaran sih hehe

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 20107030083

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Borussia Dortmund dan Bisnis Pemain Mudanya

15 Maret 2021   11:19 Diperbarui: 15 Maret 2021   11:23 309 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Borussia Dortmund dan Bisnis Pemain Mudanya
Starting Borrusia Dortmund yang dipenuhi pemain muda / twitter.com/BlackYellow

Borussia Dortmund atau yang juga dikenal dengan BVB merupakan salah satu klub sepakbola asal Jerman yang bermarkas di Signal Iduna Park Stadium. Selain dikenal sebagai salah satu klub besar di liga tertinggi Jerman, klub yang identik dengan warna kuning hitam ini juga dikenal sebagai klub dengan bisnis jual-beli pemainnya yang fantastis. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan keahlian manajemen klub yang baik, mereka dapat membeli pemain dengan harga murah, mendidiknya selama beberapa tahun dan kemudian menjualnya dengan harga yang sangat fantastis.

Semua itu berawal saat tim berjuluk Die Schwarzgelben itu mengalami kesulitan finansial dan hampir bangkrut pada musim 2005. Manajemen klub lantas mengubah ide bisnisnya dengan cara merekrut pemain pemain muda yang berpotensi dengan harga murah dan menjualnya lagi setelah beberapa tahun kemudian. Dengan ide itu, Borussia Dortmund mulai tumbuh sebagai klub yang lebih banyak memberi pengalaman dan waktu bermain yang tinggi bagi pemain mudanya.

Alih-alih bergantung kepada pemain yang memiliki jam terbang dan pengalaman yang tinggi, tim berjuluk Die Schwarzgelben itu secara berani memberikan pemain-pemain muda jam terbang yang tinggi. Karena hal itulah mengapa Borussia Dortmund lebih menarik bagi banyak pemain muda dibanding tim-tim lainnya.

Tidak sia-sia, perlahan tapi pasti nama Borussia Dortmund yang bermodalkan pemain muda berhasil naik kejajaran klasemen atas Bundesliga. Nama-nama yang sebelumnya asing seperti Robert Lewandowski, Shinji Kagawa, Mats Hummels, Mario Goetze, dll mulai naik dan banyak diincar oleh klub-klub besar.

Pada musim 2008/2009 Dortmund berhasil finis di enam besar klasemen, pada musim berikutnya Dortmund berhasil finis lima besar klasemen dan akhirnya setelah enam tahun lamanya berproses, ide menggunakan banyak pemain muda itu akhirnya berhasil mengantarkan Borussia Dortmund menjadi juara Bundesliga pada musim 2010/2011.

Dari kisah itulah mengapa kini Dortmund dapat menjadi tim yang besar dan banyak menghasilkan talenta-talenta muda yang juga berhasil dijual dengan harga fantastis. Bahkan, dalam satu dekade terakhir Dortmund menjadi salah satu dari jajaran klub dengan hasil penjualan pemain tertinggi dengan pendapatan sebesar 678 juta euro. Beberapa penjualan itu diantaranya:

1. Ousman Dembele

Ousman Dembele/Sportbible.com
Ousman Dembele/Sportbible.com
Penjualan Ousman Dembele hingga saat ini masih menjadi penjualan termahal yang pernah dilakukan Borussia Dortmund. Pemain yang berposisi di sayap kanan ini pada musim 2017/2018 di boyong oleh raksasa Spanyol, Barcelona dengan harga yang sangat tinggi yaitu senilai 125 juta euro atau sekitar 2,3 triliun rupiah.

Nilai tersebut terbilang sangat fantastis bagi seorang pemain yang pada saat itu masih berusia 20 tahun. Dengan penjualan itu, Die Schwarzgelben mendapat keuntungan yang sangat besar mengingat dulunya Dembele di datangkan dari Stade Rennes hanya dengan harga 15 juta euro.  

2. Cristian Pulisic

Pulisic yang merupakan jebolan akademi BVB / Sumber: twitter/cpulisic_10
Pulisic yang merupakan jebolan akademi BVB / Sumber: twitter/cpulisic_10

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN