Mohon tunggu...
Jamalludin Rahmat
Jamalludin Rahmat Mohon Tunggu... HA HU HUM

JuNu_Just Nulis_

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Resensi Buku| Ilmu Pertukangan dalam Sastra

28 Juni 2019   00:34 Diperbarui: 28 Juni 2019   00:53 0 7 1 Mohon Tunggu...
Resensi Buku| Ilmu Pertukangan dalam Sastra
Goodreads.com

 

Judul Buku   : Dari Zaman Citra ke Metafiksi

Penulis          : Bunga Rampai Sastra DKJ

Penerbit         : Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)

Tebal              : xii+528 halaman

 

 Sayembara Sastra

Sayembara adalah sebuah perlombaan yang bukan saja ingin mengetahui siapa kalah dan menang tapi juga penting untk menjawab betapa sesuatu itu serius dilakukan, memberi inspirasi serta menyuarakan zamannya. Lalu, bagaimana jika sastra disayembarakan? Pentingkah dan kenapa? atau ada sesuatu yang belum "selesai" pada diri sastra sehingga perlu diadakan sayembara telaah sastra.

Pembacaan atas satu karya sastra atau lebih sangatlah penting supaya diketahui sejauh mana bertumbuhnya sastra dengan subur serta didapatkan pula benih yang unggul dan tetap berpegang pada pentingnya pemerhatian proses dan hasil walaupun kadangkala aktifitas tersebut dianggap biasa karena tak selamanya sederhana dengan urutan waktu yang panjang, pencarian, dan penciptaan karya yang meletihkan.

Dengan segala instrumen yang dipunyainya, karya sastra memiliki potensi untuk dibaca dengan berbagai cara oleh pembaca. Setiap cara pembacaan tentu menghasilakn pemahaman yang berbeda. Hal tersebut menjadi semakin rumit ketika suatu karya mengembangkan teknik yang sedemikian rupa sehingga menyulitkan pembaca untuk memahaminya. Di sinilah asyiknya membaca karya sastra karena keunikan-keunikan yang dimilikinya bak intan bersegi yang memancarkan kilaunya dari sisi manapun.

Sastra dalam bentuk karya hanyalah wujud, sesuatu yang dapat diindrawikan, terlihat jelas struktutrnya. Dibalik itu sastra bagaikan jalinan-jalinan benda yang memiliki hubungan tersembunyi berasal dari keberbagaian aspek karya sastra untuk terbangunnya makna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN