Mohon tunggu...
Crismone Fatahila
Crismone Fatahila Mohon Tunggu... Pelajar

belajar dan berjuang dalam hidup

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Asymmetric Information

28 Januari 2020   11:55 Diperbarui: 28 Januari 2020   12:07 3 0 0 Mohon Tunggu...

Asymmetric Information

Asymmetric       = asimetris; tidak simetris; tidak setangkup(sama besar ukuran kedua belah bagiannya).

Information       = informasi; keterangan; info.

Asymmetric information, secara harfiah berarti ketidakseimbangan informasi.

Secara istilah, Asymmetric information adalah keadaan di mana informasi yang beredar tidak merata ke semua pihak yang membutuhkan. Pasar akan akan beroperasi dengan sempurna apabila pihak penjual dan pembeli memiliki penguasaan informasi yang seimbang atas produk yang akan dijual dan dibeli. Namun kenyataannya tidak selalu demikian.

Developer = instansi perorangan atau perusahaan yang membuat perumahan(finansialkun.com).

Developer tahu persis, A sampai Z, kualitas perumahan yang dijualnya. Konsumen mungkin hanya tahu A sampai K, sebagian saja. Apakah kemudian developer pasti diuntungkan dengan kondisi ini? Bisa ya, bisa tidak. Ini adalah masalah dari Asymmetric Information.

Ekonom Amerika, George Arkelof pada 1970 menulis tentang permasalahan Asymmetric Information ini (yang kemudian meraih Nobel Prize pada 2001). Arkelof menguraikan permasalahan informasi asimetris ini dengan mengambil contoh dari pasar mobil seken(bekas). 

Penjual memiliki informasi yang lebih banyak disbanding dengan pembeli mengenai mobil-mobil bekas yang dijualnya. Mobil-mobil yang dijualnya ini dari luar semuanya hamper tampak sama, namun di dalamnya (bagian mesin salah satunya) hanya penjual yang tahu. Kita bisa menggunakan istilah 'peach' untuk mobil-mobil yang kualitasnya prima, dan istilah 'lemon' untuk mobil-mobil yang kualitasnya buruk. 

Pada keadaan ini, informasi asimetris terjadi karena informasi yang lebih hanya dimiliki oleh penjual, pembeli memliki informasi yang tidak lengkap mengenai mobil-mobil bekas yang dijual. Ketika ingin membeli mobil seken tersebut, pembeli mempunya peluang yang berbanding 50 -- 50  apakah akan mendapatkan mobil lemon atau akan mendapatkan mobil peach. 

Kita misalkan harga mobil peach sebesar 60 juta bagi si penjual, jadi kalau pembeli kebetulan memilih mobil peach, maka penjual akan berusaha jangan sampai menjual harga di bawah 60 juta. Bagaimana jika si pembeli kebetulan memilih mobil lemon dan ditawar 30 juta oleh pembeli. Apakah si penjual akan langsung melepas mobil lemon tersebut? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x