Mohon tunggu...
Fajriana Faila Sufa
Fajriana Faila Sufa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Hidup itu simple☺️ Apabila sesuatu yang kau inginkan tidak terjadi, maka sayangilah apa yang terjadi🥀

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Menjalin Kerjasama antar Anggota Kelompok ketika Berdiskusi di MA Nurul Huda

12 Juni 2022   16:24 Diperbarui: 12 Juni 2022   16:49 44 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kita akan membahas mengenai upaya apa saja untuk menjalin kerjasama antar anggota kelompok dalam berdiskusi kelompok. 

1.Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan bersifat sosial yang bersangkutan dengan hubungan antar individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok. Dalam kehidupan, pasti ada interaksi sosial karena manusia disebut dengan makhluk sosial dimana saling membutuhkan satu sama lain. 

Proses sosial merupakan suatu interaksi (hubungan) timbal balik yang saling mempengaruhi antara manusia satu dengan manusia lain yang berlangsung disepanjang hidupnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Menurut Soerjono Soekanto, interaksi sosial diartikan sebagai cara-cara dalam berhubungan yang dapat dilihat apabila individu dan kelompok sosial saling bertemu serta menentukan sistem dan bentuk dari interaksi sosial.

a.Definisi Interaksi Sosial

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa manusia merupakan makhluk sosial. Hubungan manusia dengan manusia lainnya, hubungan kelompok satu dengan kelompok lainnya inilah yang disebut dengan interaksi sosial (Sarwono, 2010:185)

Menurut Ahmadi (2002:54) berpendapat bahwa interaksi sosial merupakan suatu hubungan antara dua individu bahkan lebih, dimana kelakuan individu yang satu dapat mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lain ataupun sebaliknya.

Menurut Anagoro dan Widiyanti (1990:24) interaksi sosial merupakan kunci dari seluruh kehidupan sosial. Tanpa adanya interaksi sosial tidak mungkin ada kehidupan bersama. Pergaulan hidup terjadi apabila seseorang atau sekelompok manusia bekerjasama, saling berbicara, dan seterusnya guna mencapai tujuan bersama.

Interaksi sosial adalah hubungan antara individu satu dengan individu yang lain, dimana individu satu dapat mempengaruhi individu yang lain ataupun sebaliknya, jadi disini terdapat adanya hubungan timbal balik. Hubungan tersebut yaitu antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok (Walgito, 2003:57)

Dari beberapa pendapat para ahli di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa interaksi sosial merupakan suatu hubungan antara dua atau lebih individu, dimana kelakuan individu yang satu dapat mempengaruhi, mengubah atau memperbaiki kelakuan individu yang lain, atau sebaliknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan