Mohon tunggu...
Fajar Muhamad Nabil
Fajar Muhamad Nabil Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa

Saya suka dalam pereditan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kampung Seni Jurang Belimbing

6 Desember 2022   18:00 Diperbarui: 6 Desember 2022   18:09 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia memiliki banyak budaya yang patut untuk dilestarikan, diantaranya adalah kesenian daerah. Kesenian daerah tersebut dapat berbentuk pertunjukan seperti ketoprak ataupun kuda lumping.

Pada kesempatan saat ini, KKN Tematik Undip 2022 ikut menjadi penggerak untuk melestarikan budaya Indonesia. KKN Tematik Undip 2022 melakukan pengabdian mulai dari bulan agutus hingga oktober 2022, dimana pada akhir dari KKN tersebut memiliki acara puncaknya. Acara puncak KKN Tematik Undip 2022 kali ini mengangkat tema Bramantya Layana Budaya. 

Pagelaran tersebut dilaksanakan mulai dari awal oktober tepatnya tanggal 1 Oktober yaitu terdapat pertunjukkan Ketoprark ‘Sri Mulyo Budoyo’ yang diiringi oleh Karawitan ‘Budi Laras’. Selanjutnya pada seminggu kedepan terdapat kegiatan senam sehat pada tanggal 8 Oktober di waktu pagi hari lalu dilanjutkan dengan pertunjukkan Kuda Lumping ‘Turonggo Tunggak Semi’ pada malam harinya.

Sebelum itu juga terdapat serangkaian acara harian seperti mengerjakan program-program monodisplin miliki mahasiswa KKN, membantu warga untuk melaksankan Merti Desa serta mempersiapkan program multidisiplin yaitu mempersiapkan acara pagelaran Bramantya Layana Budaya. 

Untuk tetap melestarikan suatu budaya tentunya diperlukan media dan penggerak agar budaya tersebut dapat terus lestari dan berikut berupa Video Profil Kampung Seni Jurang Belimbing, RW.04, Tembalang, Tembalang, Semarang dapat disaksikan melalui youtube


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun