Mohon tunggu...
Fajar Agusta
Fajar Agusta Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mempromosikan Kearifan Lokal Desa Wisata Tlingsing, Cawas, Klaten Melalui Revolusi Industri 4.0

18 Juli 2018   00:45 Diperbarui: 18 Juli 2018   01:54 1218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Oleh: Fajar Agusta Dwikatama

Seiring perkembangan zaman, teknologi dan informasi saat ini telah berkembang dengan pesat. Hal ini dibuktikan bahwa pada tanggal 26 Januari 2017, dalam web wearesocial.com perusahaan riset We Are Social kembali mengumumkan laporan terbaru mereka terkait perkembangan penggunaan internet di seluruh dunia. 

Hasilnya, mereka menyebut Indonesia sebagai negara pengguna internet terbesar di dunia. Melihat jumlah pengguna internet yang semakin meningkat setiap tahunnya, maka peluang tersebut dapat kita manfaatkan untuk dilakukan pengembangan promosi desa wisata. Desa Wisata Tlingsing, Kecamatan Cawas merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Klaten. 

Desa Wisata Tlingsing menonjolkan keunikan hasil karya mereka yaitu kain lurik dengan bahan alami yang dibuat melalui alat tenun bukan mesin. Melalui Web dan Social Media merupakan salah satu program untuk warga Desa Wisata Tlingsing yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang internet khususnya dapat melakukan promosi melalui web dan social media sehingga nanti terbentuk wirausaha baru yaitu OlShop (Online Shop) Lurik Tlingsing. 

Metode yang digunakan dalam program ini adalah melalui pendampingan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Potensi hasil yang diperoleh adalah terbentuknya struktur organisasi dan wirausaha baru. 

Program ini layak dibuat artikel ilmiah, sebagai bentuk referensi kepada pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Modul pelatihan promosi KANIBAL (Kain Lurik Bahan Alami) Melalui Web dan Social Media di Desa Wisata Kain Lurik Tlingsing yang dapat dijadikan panduan dalam melakukan promosi produk di social media dan web untuk generasi penerusnya.

Kata Kunci: Iptek, Promosi, Lurik, Social Media.

Pendahuluan

Indonesia memiliki banyak potensi wisata khususnya yang terdapat di desa. Saat ini mulai banyak berkembang desa wisata yang menonjolkan keunikan atau ciri khas yang dimiliki oleh masing-masing desa. 

Ada desa yang menonjolkan potensi keindaham alam dan pemandangannya, dan ada pula yang menonjolkan ciri khas produk hasil karya mereka. Untuk mengiringi perkembangan potensi desa wisata, perlu adanya penyelesaian terhadap kendala yang dihadapi.

Setiap desa pasti memiliki kendala yang berbeda-beda, salah satu kendala yang dihadapi oleh desa wisata yaitu dalam bidang promosi. Desa wisata yang berada di wilayah terpencil biasanya cenderung belum dapat mempromosikan potensi daerah mereka secara optimal. 

Hal tersebut dilatarbelakangi karena tidak tersedianya sumber daya manusia yang berkompeten dalam bidang itu. Di era globalisasi saat ini teknologi informasi dan komunikasi memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun