Mohon tunggu...
Bola

Apa Itu Tactical Periodisation?

3 Oktober 2018   22:31 Diperbarui: 4 Oktober 2018   17:55 891 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Tactical Periodisation?
dok https://www.facebook.com/TrainerRalfLoose/

Tulisan ini adalah sebuah sebuah konsep baru tentang metdologi latihan fisik, sebuah metedologi yang saat ii sedang menjadi sebuah perbincangaan dikalangan pelatih fisik, pertama kali dengar konsep tactical periodiasai adalah ketika saya sedang berdiskusi dengan Coach Kartono Pramdhan beliau adalah direktur Academy PERSIB untuk saat ini, beliau memperkenalkan apa itu tactical periodisasi. Sebuah perbincangan yang menarik ketika saat itu saya dikenalkan sebuah metdologi baru tentang bagaimana tactical periodisasi itu. Berikut Ulasanya.

Tatical periodisasi adalah sebuah konsep taktis yang diciptakan seorang profesor Vitor Vrade, beliau merupakan salah satu pria asal portugal di Universitas Porto, dan dia adalah salah satu bapak konsep, dalang beliau adalah orang brliaan dan dan patut kita telaah mendalam dalam sebuah konsep yang baru.

Tactical periodisasi adalah sebuah konsep atau metedologi latihan yang menggunakan model latihan permainan, dimana metedologi itu menggabungkan 4 aspek elemen. Prinsip latihan didalam tactical periodisasi adalah latihan maksimal, kosentrasi maksimal dan progresi ke komplesitas. Latihan ini memiliki fokus micro cycle 1 minggu dan traning unit 1 sesi

Didalam tactical periodisasi pemain adalah sebuah refrensi utama dimana saat latihan selalu kompetitif dari metedologi ini pemain dituntut untuk selalu berpikir bagaimana disaat bermain bola sehingga pemain dapat mencari solusi.  Saat ini dunia sepak bola level atas sudah banyak sekali yang menggunakan sebuah metode ini, dimana metode ini menciptakan pemain dalam keadaan peak performance disetiap minggu. Latihan ini adalah latihan yang menggunakan fisik dengan bola. Dimana didalam latihan tersebut menggunakan model permainan, model permainan sepak bola adalah bagaimana cara bermain menyerang, bertahan dan transisi.

Disaat latihan kita harus membuat sebuah konssep latihan bagaimana cara bermain menyerang yang membuat fisik pemain menjadi meningkat. Latihan fisik bukan lagi terisolasi tetapi latihan itu harus mencakup pada semua aspek yaitu 4 aspek, aspek fisik, teknik, taktik dan mental dimana sebuah konsep latihan holistik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x