Mohon tunggu...
Faiz Muhammad Azhar
Faiz Muhammad Azhar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pendidikan Teknologi Agroindustri 2018, Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Tingginya Motivasi Siswa SMP Negeri 2 Cimenyan dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

24 Juli 2021   23:15 Diperbarui: 24 Juli 2021   23:22 103 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tingginya Motivasi Siswa SMP Negeri 2 Cimenyan dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19
Dokumentasi Penulis

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring, dengan tujuan untuk menekan penyebaran Covid-19. Tidak hanya sekolah, seluruh kegiatan atau aktivitas lain pun diharuskan dilakukan di rumah atau yang sering kita sebut WFH (work from home). Hal ini tentu perlunya adaptasi bagi semua orang. Dampak yang ditimbulkan pun beragam salah satunya pada bidang pendidikan dimana siswa yang biasanya berinteraksi di ruang kelas dimana adanya interaksi antar teman dan siswa dapat terpantau kini mereka hanya bertatap muka melalui virtual dimana siswa sudah tidak bisa berinteraksi dengan bebas dan kurang terpantau oleh guru. 

Dengan adanya dampak covid-19, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ikut berpartisipasi melalui para Mahasiswa yang mengontrak KKN (Kuliah Kerja Nyata) dengan salah satu program sasarannya yaitu pada bidang pendidikan mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK. Program KKN ini dilaksanakan selama 1 bulan penuh di bulan 1- 31 Juli.

SMP Negeri 2 Cimenyan adalah salah satu sekolah yang berlokasi di jalan Ciharalang Atas, desa Mekarsaluyu, kecamatan Cimenyan, Bandung. Kegiatan pembelajaran tahun ajaran 2021-2022 di SMP Negeri 2 Cimenyan dilaksanakan sejak tanggal 19/07/2021 yang diawali dengan pelaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru yang dilaksanakan sampai tanggal 23/07/2021. Kegiatan MPLS di SMP Negeri 2 Cimenyan didampingi oleh Mahasiswa KKN UPI mulai dari pendampingan guru, siswa dan orangtua siswa. 

Kegiatan yang dilakukan siswa baru di SMP Negeri 2 Cimenyan dilaksanakan secara daring melalui whatsapp grup (WAG) dengan tujuan menekan penyebaran covid-19. Salah satu kegiatan atau penugasan kepada siswa di SMP Negeri 2 Cimenyan adalah melaksanakan sholat sunah dhuha dan membaca Al-Qur`an dipagi hari yang dibimbing oleh Mahasiswa KKN UPI dan guru serta dipantau oleh orangtuanya masing-masing.

Meskipun pembelajaran di SMP Negeri 2 Cimenyan dilaksanakan secara daring, namun motivasi dan antusias dari para siswa serta dukungan orangtua dan guru sangat tinggi sehingga pembelajaran tetap terlaksana dengan baik.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x