Mohon tunggu...
Muh Yusril Faizin
Muh Yusril Faizin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Slowly but Surely

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Memberantas Buta Aksara, Mahasiswa KKN UM Ajarkan Baca Tulis Al Qur'an di TPQ Mamba'ul Ulum Desa Jambuwer

25 Juli 2021   12:16 Diperbarui: 25 Juli 2021   12:37 59 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memberantas Buta Aksara, Mahasiswa KKN UM Ajarkan Baca Tulis Al Qur'an di TPQ Mamba'ul Ulum Desa Jambuwer
Santri TPQ Bersama Mahasiswa KKN UM

Salah satu program kerja pendukung mahasiswa KKN UM yang ada di Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang adalah melakukan pengabdian di sector pendidikan, yaitu membantu mengajar di TPQ. Tujuan program kerja ini adalah untuk membantu para ustadz/ustadzah mengajar santri TPQ yang ada di desa jambuwer. 

Lokasi TPQ yang kami tempati adalah TPQ Mamba'ul Ulum. Sebelum melakukan pengabdian di TPQ, mahasiswa KKN UM melakukan observasi dan wawancara terlebih dahulu untuk melihat kondisi santri TPQ dan bagaimana system pengajaran disana.

Foto 1. Observasi dan Wawancara Sebelum Pelaksanaan
Foto 1. Observasi dan Wawancara Sebelum Pelaksanaan

Pihak yayasan Mamba'ul Ulum menerima mahasiswa KKN UM dengan sangat baik untuk melakukan pengabdian di TPQ tersebut, dari wawancara dan diskusi yang dilakukan mahasiswa KKN UM dengan pihak TPQ didapatkan banyak informasi terkait TPQ dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengabdian yang akan kami lakukan di TPQ tersebut. KBM TPQ Mamba'ul Ulum dilaksanakan setiap hari sabtu-kamis di sore hari. 

Akan tetapi, karena terbatasnya kondisi saat ini yang mana tidak memungkinkan kami untuk menetap di desa jambuwer selama KKN dan tidak bisa mengajar setiap hari, maka kami menentukan hari rutin untuk kami membantu mengajar di TPQ yaitu setiap hari selasa sore. 

Diakhir wawancara kami meminta untuk melihat kondisi kelas TPQ dan sekaligus pengenalan kepada santri TPQ bahwa kami mahasiswa KKN UM akan mengajar setiap hari selasa sore mulai minggu depannya. Santri TPQ sangat antusias dan menyambut dengan ceria kedatangan dan maksud kami untuk mengajar selama satu bulan di hari selasa.

Minggu pertama mengajar, mahasiswa KKN UM ikut andil dalam program pendukung ini dengan jumlah anggota full team. Kemudian kami langsung membaur untuk mengajar santri yang terbagi menjadi beberapa jilid. 

KBM berlangsung dengan lancar dimulai pukul 15.30-17.00. Minggu kedua dan ketiga pun berjalan seperti minggu sebelumnya, akan tetapi minggu kedua dan minggu ketiga jumlah mahasiswa KKN yang mengajar dibuat semacam giliran agar tidak terlalu banyak pengajar yang ikut di KBM.

Foto 2. Kegiatan Baca Tulis Al-Qur'an di TQP Mamba'ul Ulum
Foto 2. Kegiatan Baca Tulis Al-Qur'an di TQP Mamba'ul Ulum

Pada minggu ke empat, pihak TPQ meliburkan KBM dikarenakan PPKM yang juga diterapkan di Desa Jambuwer. Maka dari itu, mahasiswa KKN UM memutuskan untuk mendatangi kepala yayasan sekaligus berpamitan dan juga penyerahan kenang-kenangan dari mahasiswa KKN UM sebagai bentuk terimakasih karena sudah menerima dengan sangat baik maksud kami untuk melakukan pengabdian di TPQ Mambaul Ulum. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN