Mohon tunggu...
Faizatul Mukarramah
Faizatul Mukarramah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

haiii

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Apa Itu Sekolah Adiwiyata?

10 Desember 2022   06:19 Diperbarui: 10 Desember 2022   06:28 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengertian Singkat Adiwiyata

Adiwiyata, dikenal secara internasional sebagai Green School, adalah program Kementrian Lingkungan HIdup yang mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah tentang inisiatif lingkungan. Semua warga sekolah diharapkan untuk berpartisipasi dalam lingkungan sekolah untuk lingkungan yang sehat dan untuk menghindari dampak negatif terhadap lingkungan. 

Green School lebih penting untuk membentuk sikap siswa dan warga sekolah terhadap lingkungan yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari mereka disekolah. Adiwiyata merupakan salah satu impian madrasah pada umumnya karena madrasah ingin mengembangkan lingkungan belajar yang cocok dan nyaman untuk mengembangkan visi dan misi sekolah. 

Lingkungan yang menyenangkan dapat mempengaruhi kualitas kinerja siswa untuk perkembangan yang lebih baik. Inilah sebabnya beberapa sekolah di Indonesia kini mengembangkan dan melaksanakan program Adiwiyata, selain alasan di atas, juga karena kondisi bumi yang semakin memprihatinkan sehingga mendorong manusia secara global untuk melakukan tindakan penyelamatan, hal ini dapat diterapkan dalam lingkup kecil seperti sekolah dan lingkungan dasar. 

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli terhadap lingkungan yang sehat,bersih, dan asri. Dengan adanya program Adiwiyata, seluruh warga sekolah memahami bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi tubuh kita.

Tujuan Adiwiyata

Menciptakan lingkungan sekolah yang peduli dan beradab, mampu terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan bagi generasi sekarang dan yang akan datang.

Prinsip-prinsip dasar program adiwiyata

Partisipatif
Komunitas sekolah harus dilibatkan dalam manajemen sekolah, termasuk seluruh proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, sesuai tanggung jawab dan peran mereka. Komitmen ini juga merupakan sikap yang harus ditunjukkan terhadap lingkungan sekitar sekolah, mulai dari komite hingga pemerintah daerah, agar perlindungan lingkungan dari sekolah dapat berdampak pada lingkungan.

Edukatif
Prinsip ini melatih para pengembang Adiwiyata untuk mengedepankan nilai-nilai pedagogik dan membentuk karakter siswa untuk mencintai lingkungan, dan lingkungan di sekolah, di rumah dan di masyarakat luas.

Berkelanjutan
Semua kegiatan harus dilakukan secara terencana dan berkesinambungan serta tetap menjaga budaya dan menjadikan sekolah indah dan enak dipandang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun