Mohon tunggu...
Faizal Noer Winda
Faizal Noer Winda Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Mahasiswa tingkat akhir

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Manfaat Belerang Untuk Kesehatan Kulit

29 November 2021   13:35 Diperbarui: 29 November 2021   13:37 105 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penambangan Belerang di Kawah Gunung Berapi (Source: Google.co.id)

Belerang

Belerang atau sulfur adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang S dan nomor atom 16. Bentuknya adalah non-metal yang tak berasa, tak berbau dan multivalent. Belerang dalam bentuk aslinya, adalah sebuah zat padat kristalin kuning. Pada beberapa sumber mata air panas yang mengandung belerang atupun sulfur dipercaya bisa mengobati masalah penyakit kulit. Menurut peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 416/Menkes/Per/IX/1990 tentang syarat-syarat dan pengawasan kualitas air ada beberapa parameter yang harus ditinjau, yaitu parameter fisik, kimia, radioaktifitas, dan mikrobiologis. Air yang memenuhi parameter fisik adalah air yang tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak keruh. Hal ini sesuai dengan karakteristik fisik dari belerang atau sulfur yang tadi disebut.

Manfaat Belerang Untuk Kesehatan Kulit

Kandungan yang terdapat pada belerang atau yang disebut sulfur ini sangatlah ampuh dalam menyembuhkan beberapa penyakit kulit yang sering diderita oleh banyak orang. Dalam dunia farmasi, belerang sudah lama digunakan untuk mengatasi beberapa masalahkulit seperti kutil, rosacea, Scabies, dan dermatitis seboroik. Fungsi belerang disini adalah untuk membunuh bakteri, jamur, dan parasit penyebab penyakit kudis.

Penyakit Kulit di Tangan (Source: Google.co.id)
Penyakit Kulit di Tangan (Source: Google.co.id)

Selain untuk mengatasi masalah penyakit kulit Mineral alami berbau menyengat ini mampu membunuh bakteri yang menyumbat dan mengiritasi pori-pori kulit.belerang juga mampu mengurangi penumpukan minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori. Biasanya belerang terdapat pada produk kosmetik untuk jerawat ringan.Sulfur juga dianggap lebih ringan dibanding benzoil peroksida untuk mengobati jerawat yang mana Benzoil peroksida cenderung menimbulkan reaksi alergi, iritasi, atau kulit terkelupas.

Belerang juga berperan sebagai zat keratolitik yang dapat mengelupas sel kulit mati.sifat keratolitik dari sulfur ini dapat mengupas lapisan kulit luar sehingga cocok digunakan untuk mengangkat sel-sel kuli yang mati. Selain itu belerang juga dapat mencegah penuaan pada kulit. Hal tersebut dikarenakan belerang dapat membunuh bakteri yang merusak kulit sekaligus merangsang produksi kolagen. Nah kolagen itulah yang menjaga kulit dari penuaan.produksi kolagen yang semakin berkurang seiirng usiamembuat kulit jadi mudah kering, kendur, dan juga mulai berkerut.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari belerang/sulfur ini untuk Kesehatan kulit kita, tetapi perlu diingat, semua itu bisa didapatkan dengan pemakaian dosis yang tepat. Tidak semua orang memiliki kulit yang cocok dengan dengan sifat mineral ini. Belerang bisa memengaruhi tingkat keasaman kulit sehingga bisa memperparah iritasi dan mengganggu lapisan pelindung kulit. Terutama untuk orang yang memiliki kulit sensitif atau kulit kering.Penggunaan produk berbahan belerang sebaiknya disertai dengan resep ataupun konsultasi dokter. Jika ingin menggunakan produk belerang yang dijual bebas, pastikan untuk membaca label dan petunjuk pemakaian dengan saksama.

Penulis: Dr. Ir. Vina Serevina, M. M, Faizal Noer Winda, Pendidikan Fisika, UNJ

DAFTAR RUJUKAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan