Mohon tunggu...
Faiz Romzi Ahmad
Faiz Romzi Ahmad Mohon Tunggu... Mahasiswa di Perguruan Tinggi Islam di Banten

Menulis adalah tanda bahwa kau pernah hidup

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Masa Peralihan Pengurus, Proses Pembelajaran Demokrasi di MTs Mathla'ul Anwar Pusat Menes

19 Februari 2020   08:43 Diperbarui: 19 Februari 2020   08:45 9 0 0 Mohon Tunggu...

Menes, Kompasiana---Untuk menumbuhkan kesadaran demokrasi pada peserta didik, MTs Mathla'ul Anwar Pusat Menes menggelar pemilihan tiga kepengurusan organisasi intra di sekolah, OSIS, PMR, dan Dewan Penggalang.

Dalam rangka mengedukasi demokrasi secara praksis, pihak madrasah dibantu dengan kepengurusan demisioner sukses melaksanakan MPP (Masa Peralihan Pengurus) 2020 dengan melewati beberapa rangkaian.

Sebelum masa pemilihan berlangsung, prosedur dan susunan kegiatan sudah diformulasikan secara sistemik dan berintegritas oleh para pengurus demisioner.

Dimulai dengan mimbar bebas berlanjut ke LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa), tes tulis untuk menjaring para calon pemimpin yang kapabel, wawancara para calon pemimpin, debat kandidat untuk membuktikan kemampuan para calon pemimpin di depan umum, dan berakhir dengan kampanye terbuka.

Hal ini mencerminkan keseriusan pihak MTs MA Pusat dan pengurus demisioner dalam menentukan calon pemimpin dalam kepengurusan 2020-2021 yang akan datang.

Setelah semua proses penjaringan itu terlaksana, panitia pelaksana MPP 2020 mengadakan pemilihan langsung dengan system one man one vote (satu orang satu suara) yang bertempat di halaman MTs MA Pusat

Proses pemilihan kepengurusan OSIS, DP, dan PMR tersebut merupakan miniatur dari pelaksanaan demokrasi secara praksis. Para Guru dan murid MTs MA Pusat terlibat langsung dan mengawal proses berjalannya pemilihan agar sesuai dengan asas-asas yang berlaku. Semua civitas akademik MTs MA Pusat Menes turut memberikan hak suaranya dalam pemilihan yang digelar Jumat (14/02).
 
Ustad Irfan Setiawan, M.Pd., Guru MTs MA Pusat menyampaikan harapan pada kepengurusan OSIS, DP, dan PMR yang akan datang agar lebih amanah dalam mengemban tugas, semangat dan siap menghadapi kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung dan harus membawa harum nama sekolah.

Para siswa/I MTs MA Pusat juga berharap agar kepengurusan OSIS, DP, dan PMR bisa menjadi medium aspirasi bagi mereka, tercipta kepengurusan yang lebih baik lagi, lebih kreatif dan inovatif serta membawa nama MTs Mathla'ul Anwar harum akan prestasi di segala bidang.

Untuk diketahui, pada Senin (17/02) sudah terpilih dan dilantik kepengurusan definitif PMR, OSIS, dan DP MTs Mathla'ul Anwar Pusat, Asena Mise sebagai ketua DP MTs MA Pusat 2020-2021, Rizka Aulia Putri sebagai ketua PMR MTs MA Pusat 2020-2021, dan Robi Huzniana sebagai ketua OSIS MTs MA Pusat 2020-2021. (Faiz)

VIDEO PILIHAN