Mohon tunggu...
FAITH ACINTYA RULLY
FAITH ACINTYA RULLY Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya memiliki hobi menggambar, menulis, bermain game dan berolahraga.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tugas Pasca Geladi Hominisasi 2, 2 Oktober 2022

5 Oktober 2022   18:30 Diperbarui: 5 Oktober 2022   18:33 25 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses Geladi Hominisasi dimulai dengan pemilihan tanggal geladi yang setelah itu, diikuti juga dengan tugas pre-geladi yang menentukan dikirim atau tidaknya link untuk meeting dimana geladi tersebut akan diselenggarakan. Tugas yang diberikan sangat sederhana, yaitu untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam sebuah google form yang dikirimkan ke email aktif peserta mengenai lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dan memilih salah satu judul film dokumenter.

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, link untuk meeting pun akan dikirimkan ke email aktif yang sama, berikut juga dengan ketentuan-ketentuan saat hari H dan pembagian kelompok serta topik yang diberikan pada setiap kelompok.

Di hari H, peserta akan mengikuti meeting sesuai dengan waktu yang ditentukan dan dalam meeting tersebut, akan diberikan sedikit paparan mengenai hominisasi itu sendiri dan setelah itu, mengikuti quiz sekilas di quizziz dan lalu dimasukkan ke breakout room sesuai dengan kelompok.

Di breakout room, peserta, dengan anggota kelompoknya yang, umumnya, merupakan peserta lain yang sama sekali belum dikenal akan bekerja sama untuk membuat sebuah presentasi yang bisa memaparkan materi sesuai dengan topik yang diberikan dalam waktu 4 menit. Sebagai anggota dari kelompok 1 yang diberikan tema "Hari tanpa kekerasan internasional", saya bisa dengan ringan dan senang mengatakan bahwa kerjasama dengan anggota kelompok saya sangat enak, cepat dan mudah karena semua anggota sangat aktif dan enak diajak berdiskusi dan latihan berpresentasi.

Bila sudah selesai berlatih, kelompok-kelompok akan tampil dan dari semua kelompok akan dipilih pemenang. 

Dari hasil kerjasama kelompok saya, kelompok 1 telah mendapatkan posisi sebagai kelompok presenter ke-2 terbaik dari semua kelompok yang ada.

Saya sangat senang dengan hasil dan pengalaman ini karena dari geladi ini, saya menjadi lebih percaya diri dan termotivasi untuk bekerjasama, meskipun dengan orang-orang yang saya belum saya kenal. Dari geladi ini, saya bisa katakan bahwa logika dan bahasa haruslah bisa digunakan dengan baik oleh seorang warga negara, karena dari hasil kerja kelompok saya, terbuktikan bahwa dengan komunikasi dan logika yang baik, siapapun bisa bekerja sama dan menghasilkan hal yang baik.

Dari geladi ini, saya mendapat kemampuan kooperatif dan komunikatif yang lebih baik dari sebelumnya dan tentunya akan saya gunakan semasa kuliah dan kedepannya. Tidak hanya itu, akan saya tingkatkan juga kemampuan berpikir dan berbangsa dengan interaksi yang baik pada saat ini dan masa yang mendatang.

Dibawah ini saya tambahkan juga foto saat kelompok saya, yaitu kelompok 1, berdiskusi dan berlatih bersama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan