Mohon tunggu...
Faishal Yazid Hibatullah
Faishal Yazid Hibatullah Mohon Tunggu... Penulis - Sosiolog Pemula

Penulis adalah lulusan dari Pendidikan Sosiologi UPI yang mencoba menuangkan buah pikiran, pandangan serta pendapat melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa UPI Lakukan Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Desa Gegesik Kidul, Cirebon

21 Desember 2020   15:50 Diperbarui: 21 Desember 2020   15:58 262 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KKN atau kepanjangan dari Kuliah Kerja Nyata merupakan program wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa S-1 di Pendidikan Tinggi sebagai salah satu syarat untuk kelulusan. 

Tetapi kegiatan KKN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara langsung atau luring. Adanya Pandemi Covid-19 sehingga dilaksanakan KKN dalam bentuk pengabdian di daerah atau desanya masing-masing.

Dua Mahasiswa UPI yang melaksanakan KKN di Desa Gegesik Kidul diantaranya; Faishal Yazid Hibatullah dan Muhammad Afif Jaka Pertandang yang sedang menempuh semester 7 Prodi Pendidikan Sosiologi dan PGSD. Mereka melaksanakan KKN di desanya sendiri dari tanggal 16 November 2020 sampai 30 Desember 2020. Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan seperti:

  • Penguatan pembelajaran daring untuk semua jenjang sekolah (TK/PAUD s/d SMA/K) dan untuk semua mata pelajaran sesuai pilihan
  • Pendampingan peserta didik dan orang tua dalam proses pembelajaran daring
  • Program edukasi pencegahan Covid-19 bagi anak sekolah dan masyarakat secara daring
  • Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi
  • Menjadi mitra RT/RW/Desa dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 yang dilaksanakan secara daring maupun luring dengan protokol kesehatan yang sangat ketat

Dua Mahasiswa UPI tersebut membantu para guru dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti pembuatan media pembelajaran sampai proses administrasi yang dilakukan oleh para guru. Untuk Faishal melaksanakan programnya di SMAN 1 Gegesik sedangkan Afif di SDN 1 Gegesik Wetan. 

Selain itu, mereka membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dan mengajak orang tua untuk bersama-sama memotivasi anak-anaknya di tengah pandemi seperti ini yang dilakukan secara daring melalui Whatsapp Group atau aplikasi video conference.

Kegiatan tidak berhenti sampai disitu, bentuk pengabdian lain yang dilaksanakan oleh dua mahasiswa UPI tersebut adalah menjadi mitra RT/RW/Desa dalam proses pemulihan ekonomi dimulai dari lingkup keluarga sampai dengan kegiatan pencegahan Covid-19 seperti, pembagian masker, razia masker dan sebagainya.

Dengan adanya kegiatan KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia tersebut diharapkan dapat membuat para guru, peserta didik dan masyarakat merasakan manfaatnya khususnya dalam pengembangan keterampilan memanfaatkan sumber teknologi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan