Mohon tunggu...
Fairuz Nurul Fadhilah
Fairuz Nurul Fadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Menyukai pendidikan dan psikologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pola Pikir Anak TK dan Metode Mengajar Guru TK

10 Agustus 2022   14:29 Diperbarui: 10 Agustus 2022   15:03 55 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pola pikir anak merupakan hal kritis yang perlu di perhatikan, karena menyangkut dengan karakteristik dan kognitif anak dalam menyelesaikan suatu masalah. Mengembangkan pola pikir anak harus di lakukan dari sejak dini karena akan sangat mempengaruhi pola pikir anak yang terus berkembang seiring dengan usia. 

Terbentuknya pola pikir anak terbentuk dari apa yang mereka lihat,rasakan dan pikirkan. Metode mengajar guru sangat harus diperhatikan agar dapat mengembangkan pola pikir anak dengan baik karena pada usia dini 4-6 tahun anak sedang mengalami sensitifitas dalam menerima potensi mereka.

Hal ini mengundang beberapa mahasiswa dan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia  yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata di Boyolali Jawa Tengah bertema SDG's desa yaitu "desa sehat dan sejahtera" untuk mengajar ke TK Islami Nurul Amal di desa Cibatu, Kabupaten Bekasi.

Pada kegiatan yang dilaksanakan cukup beragam. Pada pagi hari sebelum memulai kelas siswa diajarkan untuk bersiap dan berdoa didepan kelas, kegiatan ini sangat baik diajarkan pada anak karena dapat membangun karakteristik memulai dengan hal positif dan bersiap-siap dengan rapih dan bersungguh-sungguh. 

Setelah baris-berbaris,bersiap diri, dan berdoa, siswa diajarkan untuk mengikuti pelajaran dengan intruksi guru dan mahasiswa/mahasiswi UPI yang sedang bertugas. Siswa/siswi TK diajarkan untuk melaksanakan shalat dhuha dan berdoa dengan begitu pola pikir anak akan bisa terbangun dengan membangun karakteristik religius dan tidak lupa dengan konsisten. 

Siswa/siswi TK juga diajarkan untuk menulis dan membaca bahasa arab dan taat untuk mengerjakan PR. Metode guru yang diterapkan adalah dengan metode menyanyi, bercerita, demonstrasi dan bermain.

Pada kegiatan ini juga mahasiswa/mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia  dapat mengetahui bahwa karakteristik setiap anak terlihat sejak dini.

"Memang karakteristik setiap anak berbeda, salah satunya fathiya dia memang anak yang spesial karena memang rajin"- salah satu guru di TK Islami Nurul Amal di desa Cibatu, Kabupaten Bekasi.

Selain membantu untuk mengajar anak-anak TK Islami Nurul Amal, mahasiswa/mahasiswi UPI juga memberikan seserahan kepada anak TK Islami Nurul Amal dan anak yatim/paiatu di TK Islami Nurul Amal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan