Mohon tunggu...
Muhammad Mufaiduddin
Muhammad Mufaiduddin Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nama Lengkap : Muhammad Mufaiduddin Nama Panggilan : Faid Jenis Kelamin : Laki-laki Tempat, Tanggal Lahir : Jepara, 09 Oktober 1999

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

KKN di Rumah Saja? Mahasiswa KKN Undip Berikan Senjata Melawan Musuh Tak Kasat Mata

2 Agustus 2020   22:16 Diperbarui: 2 Agustus 2020   22:15 77 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN di Rumah Saja? Mahasiswa KKN Undip Berikan Senjata Melawan Musuh Tak Kasat Mata
ilustrasi pribadi

Jepara (2020) pada Minggu ke III-IV pelaksanaan KKN Undip, mahasiswa bernama Muhammad Mufaiduddin atau yang lebih akrab disapa Faid melakukan sosialisasi program kerja KKN yang diusung kepada warga di Desa Troso RT 01A/02. 

Terdapat dua program kerja yang diusung Faid dalam KKN ini yaitu program kerja 1 tentang “Edukasi Cuci Tangan 6 Langkah dan Etika Batuk sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19” dan program kerja 2 tentang “Edukasi Deteksi Dini COVID-19 dengan KEDIRI (Kenali Diri Sendiri)”. Tujuan dari program kerja 1 adalah agar warga dapat menerapkan cara cuci tangan dan etika saat batuk dengan baik dan benar sebagai salah satu senjata dalam mencegah penularan COVID-19, sedangkan program kerja 2 bertujuan agar warga dapat mengenali dirinya sendiri apakah diirinya kemungkinan terkena COVID-19 atau tidak sehingga diagnosis COVID-19 segera ditegakkan, tindakan medis cepat dilakukan, dan prognosis COVID-19 menjadi baik, yang akhirnya dapat mengurangi risiko kematian akibat COVID-19 terutama pada warga yang sudah lanjut usia atau memiliki penyakit bawaan.

Keadaan pandemi COVID-19 ini merupakan permasalahan kesehatan utama di dunia. COVID-19 ini diakibatkan oleh coronavirus (musuh tak kasat mata), sehingga diperlukan senjata atau tameng untuk mencegah penularan dari virus yang sangat kecil tersebut. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengen membiasakan cuci tangan 6 langkah dan menerapkan etika batuk yang benar agar terhindar dari penularan coronavirus. 

Lebih dari itu, keadaan pandemi ini tentunya membuat resah, was-was, serta rasa takut masyarakat Indonesia terutama warga Desa Troso RT 01A/02 apabila terkena COVID-19. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka Faid mengusung dua program kerja KKN di Desa Troso RT 01A/02 dalam rangka membantu masyarakat melawan COVID-19 serta memberikan pengetahuan tentang COVID-19.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Sosialisasi program kerja dilakukan dalam dua tahapan yaitu secara online dan door to door. Pelaksanaan sosialisasi secara online diperuntukkan agar warga mendapatkan gambaran umum penjelasan program kerja yang diusung. Faid memanfaatkan media WhatsApp (WA) yang dipergunakan oleh warga setempat dalam berkomunikasi bersama yaitu melalui grup forum silaturrahim warga. Pelaksanaan sosialisasi ini dilakukan pada minggu III pelaksanaan KKN Undip. Mekanisme pelaksanaan sosialisasi secara online, dimulai dengan Faid mengirimkan poster edukasi etika batuk, poster deteksi dini COVID-19, dan video edukasi cuci tangan 6 langkah ke forum tersebut kemudian memberikan penjelasan masing-masing melalui voice note (VN) secara lengkap. Dalam hal ini terdapat komunikasi dua arah antara Faid dengan warga, dimana disini warga menanggapinya dengan respon positif dan memberikan dukungan kepada sosialisasi yang dilakukan secara online.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Pada minggu ke IV pelaksanaan KKN Undip Faid melanjutkan sosialisasi program kerja secara door to door dengan mendatangi masing-masing rumah warga Desa Troso RT 01A/02. Disini Faid menjelaskan cara cuci tangan 6 langkah dan etika batuk dengan media poster serta video edukasi dan mempraktekkannya. Sedangkan edukasi deteksi dini COVID-19 dengan KEDIRI Faid menjelaskan secara lengkap dengan media poster. Warga Desa Troso RT 01A/02 sangat antusias dalam mendengarkan serta mengikuti edukasi program kerja 1 dan 2 sesuai yang dipraktekkan.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan warga Desa Troso RT 01A/02 dapat menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan COVID-19 yaitu membiasakan cuci tangan 6 langkah dan etika batuk yang baik dan benar serta dapat membantu mengurangi rasa was-was, khawatir, dan takut yang dirasakan oleh warga Desa akan pandemi COVID-19.

Muhammad Mufaiduddin/Kedokteran Umum

Mahasiswa KKN Undip

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x