Mohon tunggu...
Fahroji Muhammad Sadam
Fahroji Muhammad Sadam Mohon Tunggu... Mahasiswa

Berkarya untuk menjadi yang lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Peranan Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

31 Oktober 2020   18:25 Diperbarui: 31 Oktober 2020   18:31 40 1 0 Mohon Tunggu...

Bisnis sendiri mempunyai arti suatu proses yang dilakukan oleh organisasi atau individu melalui proses penciptaan atau penjualan barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan atau laba.Di dalam dunia bisnis tidak lepas dari yang namanya produksi, distribusi dan konsumsi dimana 3 hal tersebut merupakan aktivitas utama dalam dunia bisnis.

Produksi yaitu dimana suatu perusahaan dapat menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.Distribusi yaitu prosese mendistribusikan barang atau jasa ke lokasi terdekat yang mudah di jangkau oleh konsumennya. Konsumsi merupakan suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda baik berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan secara langsung.

Etika bisnis merupakan penerapan secara langsung tanggung jawab sosial suatu bisnis yang timbul dari dalam perusahaan itu sendiri. Etika bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pemimpin nya dalam membentuk hubungan yang harmonis dengan pelanggan, pemegang saham dan masyarakat.

Di dalam dunia bisnis terdapat berbagai jenis masalah etika bisnis yang dapat terjadi dalam suatu usaha maupun perusahaan diantaranya yaitu: penipuan, paksaan, pencurian, penyuapan dan diskriminasi.Peran Pemerintah dalam Mendorong Perilaku EtisPemerintah dapat mendorong perilaku etis dengan memperketat regulasi. Diantara semuanya,hukum berkaitan dengan tanggung jawab perusahaan, konflik kepentingan, dan akuntabilitas perusahaan.

Peran Asosiasi Perdagangan Dalam Mendorong Perilaku EtisAsosiasi perdagangan sering memberika panduan etika bagi anggotanya.Perusahaan dalam mendorong perilaku etis yaitu dengan berkomitmen untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan cara:
-Membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan Pemerintah Pusat dan daerah
-menerapkan standar terbaik (best practices) dengan memperhatikan perturan yang berlaku mengenai kualitas produk, kesehatan, keselamatan, lingkungan dan pelayanan.Tanggung jawab sosial merupakan komitmen usaha untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup dari karyawan, komunitas lokal, dan komunitas luas.

VIDEO PILIHAN