Gayahidup

Sisi Lain Pesantren

22 April 2018   17:14 Diperbarui: 22 April 2018   17:20 237 1 0

Pesantren telah mempunyai peran penting dalam ikut membantu pemerintah dengan melakukan pemberdayaan dan perubahan masyarakat untuk menjadi lebih baik dalam banyak bidang. Oleh karena itu, pesantren dapat membekali para santri dengan beberapa kerampilan tradisi yang akan sangat bermanfaat ketika nantinya mereka para santri terjun di masyarakat. 

Tidak hanya dalam sisi keagamaan, tapi dengan fungsi pesantren yang demikian, saya cukup yakin bahwasanya pesantren dan para alumninya dapat memberikan konstribusi positif dalam menggerakkan sektor pendidikan maupun ekonomi masyarakat dan pada intinya dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan baik.

Pesantren selain sebagai pendidikan agama juga dapat menunjukkan perkembangan yang semakin menarik. Sebagian besar orang dari beberapa kalangan masih ada yang beranggapan bahwa dunia pesantren selalu identik dengan kaum sarungan yang hanya mampu melahirkan "ahli ibadah". 

Namun setelah ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor  55 tahun 2007 tentang Pendidikan nasional. Pendidikan pesantren tidak lagi dipandang sebagai lembaga yang hanya berorientasi pada kebutuhan agama, akan tetapi pesantren juga telah mengadaptasi sedemikian rupa dengan kebutuhan modern.

Dengan demikian, pesantren di era sekarang ini tidak hnya mampu melahirkan "ahli ibadah" saja, akan tetapi pesantren juga mampu menghasilkan orang-orang hebat seperti ilmuwan,cendikiawan, seniman, menjadi orang yang shaleh.

Keberadaan lembaga pendidikan pesantren sangat membantu mencerdaskan kehidupan bangsa indonesia. Sesuai dengan tujuan pesantren yaitu dengan memberikan pelajaran kecerdasan yang di atur dalam ilmu syariat islam, sejarah islam, serta ilmu-ilmu kemasyarakatan dan tentunya dengan akhlak  yang terpuji.